Home arrow SPOTLIGHT arrow Lebih Jauh Mengenal Tepung Kentang
Cover Edisi Terbaru
Image
 

Image 

Image

Image

Image 

Image 

 

TIPS & ACCESSORIES
LIFESTYLE & LEISURE
PROPERTY & REFERENSI BISNIS
ARSITEKTUR & DESIGN
mediakit
News
menuutama
Newsflashes
FAQs
Subscribe
Unsubscribe



User Login





Lost Password?
No account yet? Register
Who's Online

Putri (CS-1)

Aini (CS-2)

Sefti (CS-3)

Ida (CS-4)

Leny (CS-5)

Rika E (Redaksi)

Image 
Image
 
Lebih Jauh Mengenal Tepung Kentang Print E-mail
Tuesday, 28 December 2010
Image      Jika Anda memiliki dan mengelola bisnis bakery, inovasi penggunaan bahan sangat diperlukan untuk mengembangkan bisnis. Saat ini sudah banyak diperkenalkan perbagai bahan yang dapat dipergunakan untuk memberikan nilai tambah kepada bisnis bakery. 

      Salah satu produk yang sudah mulai dikenal adalah tepung kentang. Tepung kentang adalah produk dari Amerika Serikat yang dikelola oleh US Potato Board. Fokus program kentang kering adalah aplikasi untuk berbagai produk makanan lokal termasuk campuran untuk sup, mie, snack, makanan siap saji, dan terutama produk roti dan bakery.

       Saat ini penggunaan tepung alternatif seringkali menjadi pembicaraan, salah satunya adalah pemakaian tepung kentang untuk produk-produk bakery. Yang paling populer pada penggunaan tepung kentang pada produksi kroket. Menurut Yongki Gunawan, pemakaian tepung kentang sebagai pengganti kentang segar sangat ekonomis,”Selain ekonomis, juga praktis. Kita tak perlu lagi repot-repot mengupas kentang. Hasilnya juga lebih bagus dan kroket yang terbuat dari kentang. Jika kita menggoreng kroket pagi hari, dengan mempergunakan tepung kentang daya tahannya lebih lama dibandingkan mempergunakan kentang segar. Bahkan jenis tepung kentang standard flakes sangat cocok dipergunakan sebagai pengganti bread crumb. Sangat cantik tampilannya sekaligus lebih enak,” terang Yongki.

       Selain dipergunakan untuk kroket, tepung kentang juga dipergunakan bersamaan dengan tepung terigu dalam pembuatan roti manis, roti tawar bahkan cake. Tekstur yang didapat dengan mencampurkan tepung terigu dan tepung kentang menghasilnya remah yang lebih lembut dan umur simpannya lebih lama.

Image Image

Mendorong Lebih Kreatif

       Penggunaan tepung kentang selain untuk alasan praktis dan hasil yang lebih baik untuk produk-produk bakery, memungkinkan juga agar para pelaku bakery menjadi lebih kreatif dalam mengembangkan resep. “Aplikasi tepung kentang sangat bervariasi. Bisa untuk cooking maupun baking,” terang Yongki Gunawan. Lanjutnya lagi, “Selain untuk roti manis atau roti tawar, saya juga mencoba untuk kreasi fruit cake dan bluder cake. Perbedaan yang saya rasakan adalah usia simpannya relatif lebih lama tanpa disimpan dalam lemari pendingin.” Tambah Yongki lagi, “Karena kurang informasi, banyak industri bakery agak takut mempergunakan tepung kentang dengan beralasan akan membebani biaya produksi. Memang harga tepung kentang sedikit lebih mahal, namun pemakaian antara 10-20% dari prosentase penggunaan tepung terigu akan menghasilkan penampilan produk yang lebih baik, rasa yang lebih enak dan dan umur produk yang lebih awet tanpa memberikan tambahan pengawet makanan.”

Image      Untuk mendukung agar para pelaku bisnis makin mengenal produk tepung kentang dan mulai berkreasi mempergunakan tepung kentang, pihak USPB rajin melakukan pelatihan dan pengenalan produk. “USPB memberikan pelatihan berupa demo-demo dan share resep-resep oleh konsultan kami, ini bertujuan agar pelaku bisnis bakery bisa memperoleh pengetahuan mengenai produk tepung kentang maupun kreasi yang bisa dihasilkan dari tepung kentang tersebut. Nantinya kami berharap, bakery-bakery akan bisa mempergunakan berbagai varian tepung kentang untuk produk-produk bakery,” jelas Leonard Tjahjadi selaku wakil USPB di Jakarta. P&B/Rika Eridani, foto-foto:

Image Keunggulan Tepung Kentang Kering Amerika

       Tepung kentang sangat cocok dipergunakan sebagai salah satu bahan pendukung dalam bisnis bakery. Pastry&Bakery mencoba mengupas keunggulan penggunaan tepung kentang asli Amerika.

· KUALITAS

Semua produksi tepung kentang dari Amerika melalui pengawasan yang ketat karena tepung kentang bukan produk sampingan dari kentang olahan lain. Tepung kentang berasal dari kentang segar pilihan dan melalui proses hygienis sehingga menghasilkan tepung kentang yang baik.

· MEMPERTAHANKAN RASA

Produksi kentang kering memperhatikan sejak pemilihan bibit, proses tanam, suhu tepat, dan ditanam pada tanah yang subur, agar memperoleh panenan kentang yang berkualitas dan memiliki rasa kentang yang kaya rasa. Proses pengeringan dilakukan untuk mempertahankan rasa kentang segar.

· TEKNOLOGI CANGGIH

USPB mensyaratkan agar produsen tepung kentang di Amerika mempergunakan peralatan teknologi terkini untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi dan tetap mengandung nutrisi.

· KAYA NUTRISI

Kentang sangat sarat nutrisi, bebas lemak, bebas kolesterol, bebas lemak jenuh dan bebas sodium. Produk tepung kentang dari Amerika karena pengolahan yang canggih, tepung kentangnya tetap kaya nutrisi, mengandung sejumlah potassium, vitamin B, serta kandungan mineral dan vitamin serta zat besi.

· PRAKTIS DAN MUDAH

Kentang kering sangat mudah untuk dikirim, disimpan dan diolah. Karena sifatnya yang ringan, tidak perlu ruang simpan yang luas, serta praktis karena tak perlu disimpan dalam ruangan suhu dingin.

Pengolahannya juga sangat mudah, karena bisa diaplikasikan dalam berbagai produk makanan tanpa mengubah rasa bahkan memperbaiki tekstur pada kroket bahkan produk roti.

Image JENIS-JENIS TEPUNG KENTANG UNTUK INDUSTRI BAKERY

· STANDARD FLAKES

Jenis ini merupakan salah satu produk tepung kentang yang sangat populer. Biasanya dipergunakan sebagai mashed potato untuk restoran, dan sangat cocok dipergunakan sebagai bahan dasar kroket, termasuk sebagai bahan tambahan untuk cake, kue kering, pancake, donat dan muffin. Selain dipergunakan sebagai bahan dasar, tepung kentang jenis Standard Flakes dipergunakan juga untuk pengganti bread crumb dan bahan pengental saus.

· STANDARD FLAKES – FINE GRIND

Selintas mirip tepung, berupa serpihan yang lebih halus. Dipergunakan sebagai bahan tambahan pembuatan cake , donat atau roti dan penggunaan industri makanan kecil.

· LOW PEEL/LOW LEACH FLAKES (LP/LL)

Tekstur yang dihasilkan oleh tepung kentang ini lebih kasar. Biasanya dipergunakan untuk diolah kembali menjadi cemilan kentang olahan pabrik.

· GRANULAR & FINE FLOUR

Aplikasi pada tepung kentang jenis Granular & Fine Flour ini tepat untuk pembuatan cookies, roti, muffin dan pancake. Penggunaannya paling tinggi sekitar 20% dari total pemakaian tepung terigu.

· STANDARD GRANULES

Tepung kentang jenis ini cocok dipergunakan pada skala besar untuk kebutuhan horeka. Paling cocok untuk penggunaan sebagai mashed potato.

 
Image
Cake

Image    

Lezat Edsus Kue Kering
Image
Lezat Khusus
Image
Tabloid Lezat
 
Rubrikasi
ART&DECCO
BAKING SERVICE
BAKING TIPS
BAKERSPIRIT
BIZCHANCE
BIZMANAGEMENT
CREATIVERECIPES
CHEFDELIGHT
EXEBI&SHOW
EQUIPTECH
FLAVORTOSAVOUR
FEATURESFAT
FLOURPOWER
GLOBITREND
INBAKING
INGREDIENTS
INSPIRANOVA
MARKETACTIC
PACK&DISPLAY
RICHTASTE
SPOTLIGHT
TIPS&TRICK
VISITOUTLET
Advertisement
Visitors Counter
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday151
mod_vvisit_counterYesterday417
mod_vvisit_counterThis week1022
mod_vvisit_counterThis month21121
mod_vvisit_counterAll808367