• Ulasan Tren

    Pastry

  • Artikel & Tips

    Bakery

  • Artikel & Tips

    Pastry

VISIT OUTLET

Berita seputar Outlet

EQUIPTECH

Informasi Bahan Makanan

TIPS & TRIK

Tips & Trik Yang Perlu Anda Tahu

CREATIVE RECIPIES

Resep-Resep Kreatif

ART & DECO

Seputar Art & Deco

Cikang Hadirkan Legenda Cita Rasa Tak Terungkap dari Ranah Minang

Pemecahan Rekor Dunia “The Largest Thematic Cookies”

MODENA Buka Flagship Store Berkonsep Experience Center

Baking Demo Gold Bullion Bersama STP Trisakti

Manajemen Produksi Usaha Katering & Warung Tanpa Tergantung Tukang Masak

2013 Machinery, Materials, Marketing of Bakery and Confectionery Show

Biz Newz

Kampoeng Tempo Doeloe Kembali Meriahkan Gelaran JF3 Ke-15

Creative Recepies

Roll Chocolate Cake

Baking Tips

Sukses Membuat Brownies Yang Benar

Visit Produk

Art In A Cup, Angkat Citarasa Biji Kopi Sumatera

BE CREATIVE

Tak terasa bulan ramadhan akan segera datang kembali dan umat Islam diseluruh penjuru dunia akan melaksanakan ibadah puasa. Bila bulan ini akan datang, maka pola makan kita akan dibatasi oleh makan sahur dan makan saat buka puasa saja. Dan tentunya ini bisa membawa dampak menurunnya jumlah asupan gizi (terutama kalori) yang masuk kedalam tubuh kita. Salah satu penyakit yang banyak digunakan semua orang sebagai alasan agar tidak berpuasa atau bahkan penderita ingin melaksanakan ibadah puasa namun takut tak kuat dalam menjalankannya karena maag yang di deritanya. Nah sebenarnya aoakah sakit maag itu menghalangi puasa kita nggak sih?  Dan bagaimana caranya agar puasa yang dialami penderita tetap lancar meski menderita maag? Berikut penjelasan dan tips yang baik untuk penderita maag yang ingin berpuasa

Penyakit maag adalah suatu kondisi dimana disebabkan asam lambung yang meningg sehingga melukai dinding lambung sendiri. Tingginya cairan lambung tersebut memaksa otot – otot lambung berkontraksi sehingga timbul rasa perih dan mual. Selain itu tingkat keasaman pada penderita maag biasanta sangatlah ekstrim yaitu 1 PH. Jika asam lambung ini sampai pada usu maka akan bercampur dengan cairan usus yang bersifat biasa dan menimbulkan gas yang membuat perut menjadi kembung

Jenis dari penyakit maag sendiri ada dua macam yaitu :

    Maag fungsional, dimana penderita ini disebabkan karena kesalahan pada pola makan, stress, beban pekerjaan dan emosi. Biasanya gejala yang dialami penderita seperti perih, mual dam kembung. Maag tipe ini relative ringan sehingga memungkinkan penderita untuk berpuasa
    Maag organic, dimana penderita organic ini terjadi akibat kelainan organ pencernaan misalnya luka lecet pada kerongkongan, lambung, usus dan lain – lain. Gejala yang ditunjukkan pun lebih parah dari jenis fungsional seperti berat badan turun, anemia, muntah darah, BAB hitam, tidak bisa menelan dan lain – lain. Penderita maag jenis tidak boleh berpuasa sebelum penyakitnya diobati karena akan memperparah keadaan.

Oleh karena itu penderita maag fungsional disarankan untuk melaksanakan puasa, karena puasa bisa dijadikan obat mujarab dan dengan puasa maka pola makan akan menjadi teratur. Selain itu kebanyakan maag disebabkan stress dan emosi, sedangkan puasa melatih kesabaran dan mendekatkan diri pada Allah. Karenanya orang – orang yang berpuasa hatinya lebih tenang dan penyebab maag menghilang. Berikut beberapa tips menjalankan puasa yang baik untuk penderita maag.

Tips Menjalani Puasa Yang Baik Untuk Penderita Maag

    - Wajib Makan Sahur

Penderita maag harus makan sahur untuk menyiapakan energy dan mencegah lambung dalam keadaan kosong sehingga tingkat keasaman lambung dalam dalam batas normal.

    - Menyegerakan Saat Berbuka

Segera berbuka jika adzan maghrib berkumandang karena perut Anda sudah kosong beberapa jam yang lalu. Santap minuman manis dan hangat, lalu makan makanan ringan seperti kurma. Makanan tinggi glukosa akan mudah menyerap sehingga tidak meningkatkan asam lambung. Biasakan sholat maghrib sebelum makan nasi dan lauk pauk agar lambung Anda tidak kaget

    - Makan Secukupnya

Hal ini dimaksudkan agar dinding lambung berkontraksi dengan rileks serta menghindari peregangan dindung lambung yang berlebihan

    - Hindari Tidur Setelah Sahur

Langsung tidur setelah makan bisa meningkatkan sekresi asam lambung dan gerak peristaltic pancreas. Karenanya proses pencernaan berjalan lebih cepat saat tidur sehingga Anda akan merasa lapar ketika bangun

    - Melakukan Aktivitas

Aktivitas akan merangsang otak mengeluarkan hormone katekolamin yang berfungsi mengurangi asam lambung dan enzim pencernaan, mengurangi gerak usus serta menghancurkan cadangan glikogen dan lemak.

    - Hindari Stress

Stress akan memacu metabolism sehingga asam lambung meningkat yang menyebabkan kerusakan dinding lambung. Hindari stress dengan banyak beribadah

    - Konsumsi Obat Secara Teratur

Jadwal konsumsi obat maag bisa Anda rubah menjadi saat sahur, berbuka dan sebelum tidur. Ada baiknya Anda mencoba konsumsi obat herbal yang tidak bisa menggangu fungsi ginjal

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Maag

    - Kopi
    - Makanan pedas dan asam
    - Makanan berlemak seperti gorengan dan jeroan karena lemak sulit dicerna sehingga membebani lambung
    - Makanan yang mengandung gas seperti kubis, nangka, sawi, kismis dan kacang – kacangan karena biasanya membuat kembung
    - Minuman beralkohol
    - Cokelat dan keju
    - Merica

Makanan – makanan tersebut diatas bisa menyebabkan peningkatan asam lambung dan melukai dinding lambung. Jadi sebaiknya hindari makanan tersebut baik saat puasa maupun tidak. * Puji/dbs

 

Banyak kaum muslimin penderita diabetes yang ingin menjalankan ibadah puasa, meskipun mereka terlepas dari kewajiban itu bila kondisi kesehatan mereka tidak memungkinkan. Mengingat setiap penderita diabetes memiliki derajat penyakit yang berbeda-beda, pertanyaan apakah seorang diabetesi boleh berpuasa seringkali menjadi dilema yang dihadapi para ulama dan dokter.

Puasa Ramadhan akan tiba dan itu artinya bagi penderita diabetes adalah salah satu hal yang bisa dijalankan, namun tentunya dengan persiapan yang lebih dibandingkan pada orang yang tidak punya diabetes. Orang yang mempunyai penyakit tersebut bisa menjalankan puasa penuh jika mereka bisa mengontrol kadar gula darahnya dengan baik. Untuk itu Anda perlu mengetahui bagaimana puasa yang baik untuk Anda yang menderita diabetes. Yuk coba kita intip penjelasannya dibawah ini agar bermanfaat untuk bisa Anda laksanakan saat bulan Ramadhan tiba.

Diabetes sendiri adalah salah satu penyakit yang mematikan akibat dari terjadinya kerusakan pankreas, yakni kelennjar yang memproduksi in sulin. Penyakit ini biasanya ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah ( hiperglikemia). Gejala yang sering mereka alami adalah sering kencing pada malam hari(poliuria) dan sering makan ( polifagia) tetapi berat badan tidak akan bertambah malah seringkali semakin kurus dan sering merasa haus ( polidipsa).

Menurut spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Premier Jatinegara yaitu dr. Suharko Soebardi menjelaskan, pada dasarnya penderita diabetes diperbolehkan untuk berpuasa, hanya sebagian kecil saja yang disarankan untuk tidak melakukannya. Salah satu pertanda bagi penderita untuk dapat berpuasa adalah gula darah yang terkendali dengan baik dan ditandai dengan nilai Alc  baik diatas 7%.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Clinical and Experimental Hypertension edisi Juli 2008 juga menunjukkan bahwa penderita diabetes yang terkelola dengan baik dapat berpuasa dengan aman. Berikut adalah beberapa pedoman bagi seorang diabetesi, apakah sebaiknya berpuasa:

Anda dapat berpuasa dengan aman bila :

    - Anda telah meminta saran dokter mengenai kondisi kesehatan Anda dan mendapatkan obat-obatan yang sesuai selama berpuasa.
    - Anda dapat mengendalikan diri tidak mengkonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan pada saat berbuka dan sahur.

Anda sebaiknya tidak berpuasa bila :

    - Diabetes Anda tidak terkelola dengan baik.
    - Anda memiliki komplikasi diabetes serius seperti penyakit jantung atau hipertensi.
    - Anda sedang hamil atau menyusui.
    - Anda memerlukan pengawasan atau perawatan harian (seperti pada lansia atau mereka yang memiliki masalah kesadaran atau pemahaman).
    - Anda sedang sakit dengan kondisi temporer seperti flu dan lainnya yang cukup berat.
    - Anda memiliki riwayat diabetik ketoasidosis (kedaruratan yang terjadi saat gula darah tidak tersedia sebagai sumber tenaga sehingga tubuh menggunakan lemak sebagai penggantinya) atau Anda rentan pingsan karena hipoglikemi.

Beberapa Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes:

  •     - Mintalah saran dokter sebelum dan selama berpuasa, karena mereka mungkin akan mengubah atau mengganti obat yang harus Anda konsumsi.
        - Jangan menghentikan pengobatan, tetapi dosis dan waktunya harus disesuaikan dengan waktu berpuasa.
        - Usahakan untuk menambah porsi makanan yang lambat dicerna seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah segera setelah berbuka.
        - Usahakan untuk makan sahur sedekat mungkin dengan waktu imsak/subuh, bukannya di tengah malam. Hal ini akan membuat gula darah lebih terjaga selama masa berpuasa.
        - Pantaulah kadar gula darah Anda secara ketat, misalnya tiga jam setelah berbuka atau sebelum makan sahur dan di siang hari. Hasil pengukuran dapat menunjukkan bagaimana tubuh Anda beradaptasi terhadap rutinitas baru.
        - Minumlah banyak air tawar di malam hari. Kurangi konsumsi teh dan kopi karena cenderung merangsang keluarnya air seni sehingga memicu dehidrasi di siang hari.
        - Bila Anda mengalami gejala kadar gula rendah (hipoglikemi) seperti berkeringat, gelisah, gemetar, lemah atau bingung, sebaiknya segera berbuka dengan minuman bergula yang diikuti makanan kaya karbohidrat.
        Setelah Ramadhan, kunjungi dokter untuk memastikan kadar gula darah Anda terkelola dengan baik dan apakah obat-obatan yang diberikan perlu disesuaikan kembali. *dbs.

Pembuatan kue kering, yaitu kue kering tuang, dibuat dengan langsung menuang atau membentuk di loyang setelah adonan jadi, kue kering semprot dibuat dengan bantuan alat semprot bermacam model, dan kue kering cetak,dicetak dengan alat cetak bermacam model, setelah adonan digilas tipis. Nah, agar hasilnya bisa bagus, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan:

– Selalu mengunakan tepung terigu berprotein rendah atau sedang, pastikan tepung dalam kondisi kering, dan jangan lupa di ayak
– Tambahan 20% tepung maizena dari total berat tepung agar kue menjadi renyah. Kerenyahan dapat diperoleh dengan menyangrai tepung sebelum dimasukkan dalam adonan.
– Tambahan 1 sendok makan susu bubuk dalam 500 gram tepung terigu agar kue menjadi gurih
– Gunakan campuran margarin dan mentega agar diperoleh rasa yang lebih lezat dan aroma kue menjadi harum. Agar tetap ekonomis ganti 25% total jumlah margarin dengan mentega.
– Jangan mengocok margarin terlalu lama. Adonan akan lembek sehingga sulit dicetak. Pengocokan dilakukan hanya sampai semua bahan tercampur rata.
– Pakai telur yang masih baru. Jika telur telah disimpan di dalam kulkas, keluarkan dan diamkan sampai tercapai suhu ruangan.
– Gantilah kuning telur mentah dengan kuning telur kukus yang dihancurkan. Hal ini akan menghasilkan kue kering renyah dan tidak melebar saat dioven

– Jangan mengaduk adonan terlalu lama dan Hindari membuat kue kering lebih dari satu resep. Bila adonan lebih dari satu resep, adonan yang belum tercetak akan menjadi keras, akibatnya kue menjadi kurang renyah. Bila sudah telanjur mengocok adonan lebih dari satu resep, pisahkan adonan mentega dengan tepung terigu. Caranya, ambil sebagian adonan lalu tuangkan sebagian tepung terigu. Aduk rata lalu cetak/bentuk sesuai selera. Begitu seterusnya sampai adonan habis.
– Saat mencampur tepung terigu sebaiknya tidak sekaligus, karena kelembapan tepung terigu yang berbeda dapat membuat kue jadi keras atau tidak renyah.
– Jika adonan tetap lembek, jangan menambah tepung lagi. Bungkus adonan dengan plastik lalu simpan dalam lemari es 1-2 jam hingga adonan mengeras dan dapat dicetak.


– Untuk memanggang kue, gunakan loyang tipis 3-4 cm.
– Saat memanggang, beri jarak antar kue.
– Panaskan oven sebelum kue dimasukan agar kue matang sempurna.
– Saat kue sudah berwana keemasan dan kering tepinya, segera keluarkan dari oven. Saat kue panas, kue mungkin masih agak lunak di tengahnya, tapi ketika dingin kue akan mengeras sendiri. *PB

 

Saat bulan Ramadhan datang kita dituntut untuk berbuka dengan yang manis terlebih dahulu supaya pencernaan kita tidak langsung kaget dengan makanan berat dan untuk menggantikan energi yang hilang selama kita menjalankan ibadah puasa.
Salah satu diantara bahan makanan yang banyak dicari saat bulan Ramadhan adalah kurma. Memang kurang afdol rasanya jika kita berbuka puasa tanpa ditemani kurma. Selain manis, buah yang berasal dari Timur Tengah ini juga kaya akan manfaat dan rasanya yang legit dan nikmat.Apa saja sih manfaat dan khasiat kurma bagi tubuh kita? Berikut penjelasan serta manfaat tentang kurma yang baik untuk kesehatan tubuh kita.
Kurma sendiri adalah buah yang tumbuh dari pohon palem yang mempunyai nama ilmiah dactylifera phoniex. Kurna ini diyakini
berasal dari tanah di sekitar tepi sungai Nil dan Efrat, namun sekarang ini pohon kurma dibudidayakan secara luas diwilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk Afrika, Australia dan Amerika ( California).

Kurma segar memiliki daging berserat lembut dan rasanya yang sangat manis, seperti campuran sirup, gula dan madu. Daging buah kurma sendiri berisi gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan cepat mengisi ulang energi
tubuh. Karena karakteristik tersebut, maka kurma sangat cocok untuk mengawali berbuka puasa.
Kurma memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan bagus untuk tubuh kita, dimana kurma kaya akan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik. lima butir kurma yang kita konsumsi ( sekitar45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat. Melihat begitu banyaknya khasiat yang ada dalam kandungan buah kurma, maka tak heran jika Nabi Muhammad SAW menyarankan kita berbuka puasa dengan 3 biji kurma. *PB


Khasiat KURMA Untuk Tubuh

1. Kurma dikenal juga sebagai obat pencahar. Oleh karena itu kurma sangat bermanfaat untuk orang yang menderita sembelit/ memperlancar buang air besar dan mencegah konstipasi
2. Kandungan nikotinat dalam kurma bermanfaat untuk menyembuhkan segala jenis gangguan usus. Untuk mengontrol jumlah bakteri dalam usus, maka konsumsi kurma secara teratur
3. Kurma juga menjaga kesehatan hati Anda dengan cara merendam kurma selama satu malam dan menghaluskannya. Minumlah ramuan ini secara rutin dua kali dalam seminggu
4. Kurma dapat meningkatkan alat viagra kita dengan cara merendam kurma dalam susu kambing segar semalaman, lalu blender susu dan kurma hingga halus. Tambahkan kapulaga bubuk dan madu. Tonik ini bisa meningkatkan daya tahan seks dan menyembuhkan kemandulan akibat fungsional
5. Kurma adalah bagian penting dari diet sehat, karena camilan buah yang satu ini mengandung gula, lemak, protein dan vitamin essensial
6. Kurma dikenal juga sebagai obat penawar alkohol, dimana untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka kurma harus digosok dan direndam dulu selama satu malam. Anda bisa memakai ramuan ini sebagai penawar alkohol
7. Kurma juga bekerja sebagai tonik yang bisa mengobati kanker perut, karena selain tidak memiliki efek samping juga mudah dicerna

 

Kesalahan bisa saja terjadi ketika Anda membuat kue kering, termasuk teksturnya terlalu lembek. Jangan biarkan begitu saja, lakukan perbaikan. Berikut trik yang bisa Anda praktekkan untuk membuat kue kering lebih renyah, seperti dilansir dari Sheknows :

– Ganti bahan
Jika ingin membuat kue kering menjadi renyah, lakukan sebaliknya dari apa yang disarankan jika ingin mendapatkan kue kering yang lembek. Gunakan semua mentega, sesuaikan keseimbangan gula sehingga kue kering lebih banyak mengandung gula pasir daripada coklat atau gunakan ½ sendok teh baking soda untuk satu cangkir tepung, bukan baking powder untuk seluruh resep kue kering Anda. Anda juga dapat menggunakan susu sebagai pengganti telur atau menggunakan 1 sdm sirup jagung untuk menggantikan 1 sendok makan gula pasir.

– Percikkan susu
Alih-alih menggantikan bahan-bahan, Anda bisa memercikkan susu sekali atau dua kali ke adonan untuk membuatnya lebih encer. Adonan akan lebih menyebar ketika dipanggang, sehingga kue kering menjadi lebih renyah.

– Panaskan
Panggang kue sedikit lebih lama dari biasanya lalu dinginkan di rak kawat. Hasilnya, kue tidak terus melakukan proses pemasakan seperti jika tidak dikeluarkan dari loyang, atau akan terlalu renyah saat digigit

primi sui motori con e-max.it

Biznews

LeZATAcademy.com, Surabaya – Berangkat dari kesuksesan dari beberapa angkatan sebelumnya dalam workshop 3 Days Biz Camp, LeZAT Academy sebagai salah satu wadah yang menyediakan sarana pelatihan dibidang kuliner kembali lagi bekerja sama menggandeng sang praktisi, pakar kuliner Indonesia serta seorang penulis buku kuliner pangan yaitu Yuyun Anwar

Selengkapnya...

Chef Delight

    Gelombang tren dalam kreasi pastry tak ubahnya seperti tren fashion. Namun I Nyoman Sudiana tetap memilih jalur ‘aman’ demi mendongkrak citra Hotel Akmani sebagai hotel baru di Jakarta. Walaupun bermain aman, Nyoman tetap berusaha menampilkan classic pastry dengan sentuhan menarik.

Selengkapnya...

Pack & Display

Dalam pandangan Diana Sutandya, pemilik L’atelier du Chocolate yang berlokasi di Jakarta, packaging (pengemasan) merupakan salah satu hal penting dalam bisnisnya. “Banyak pelanggan tertarik pada produk-produk cokelat kami, bukan semata karena kualitas citarasanya, namun juga packaging-nya yang unik dan menarik.”

Selengkapnya...

Baker Spirit

    Chef yang satu ini terbilang unik sekaligus tangguh. Meski tuna netra, tak membuat semangatnya hilang. Justru dari keterbatasannya ia banyak memberi inspirasi bagi para chef lainnya.

Selengkapnya...

    

About Us

Selamat menikmati sebuah Majalah yang kami rancang untuk memenuhi kebutuhan informasi Anda, komunitas peminat dan pelaku usaha pastry & bakery di Indonesia. e-mail : redaksi@pastrynbakery.net
Facebook : http://www.facebook.com/lezatn.pastrybakery
Twitter : @tabloidlezat

Newsletter

Lokasi Kami