Ketika Cokelat Melebur dengan Ingridien Lain

Jose (Joy) Pelo, pemilik dan chocolatier Creole Chocolaterie Patisserie, Jakarta, memadukan cokelat dengan ingridien lain yang tampaknya tak cocok untuk bersanding. Ingridien lain itu di antaranya cabe rawit dan bahkan daun sereh. Tapi, nyatanya, hasil kombinasi dengan bahan yang terkesan tak selaras dengan cokelat itu termasuk di antara produk-produk unggulan di Creole.
    Itulah cokelat. Kombinasi citarasa dan aroma alaminya membuat ia bisa dipadu-padankan dengan berbagai ingridien lain. “Tak hanya untuk menghasilkan kue, tetapi juga masakan,” kata Benty Diwansyah, Pastry Chef Tulip Chocolate.
     Di satu sisi, keberadaan bahan-bahan lain itu berpotensi memperkaya citarasa cokelat. Sebaliknya, cokelat memperkaya citarasa bahan lain yang disandinginya.
     Levi Adhitya Chan, Marketing & Technical Manager Elmer Chocolate, misalnya, memadukan cokelat dengan rempah-rempah, termasuk bawang putih (lihat resepnya di Rubrik CreativeRecipe). Tujuannya, memperkaya citarasa cokelat dan sekaligus menghasilkan citarasa unik pada kreasi biskuitnya. “Cokelat bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis rempah, untuk menghasilkan citarasa yang exciting,” kata pria yang telah menulis beberapa buku resep produk bakery ini.
     Sebagaimana di banyak negara, masyarakat Indonesia secara umum berpersepsi bahwa cokelat adalah makanan yang manis. Namun, kreativitas para chocolatier dan perkembangan ekspektasi konsumen, membuat cokelat dengan sentuhan citarasa savory (gurih/pedas) pun bisa sukses di pasar.
     Sebuah gerai cokelat, ACKC Cocoa Bar di Washington, AS, misalnya, mengedepankan produk cokelat dengan kombinasi citarasamanis dan savory. “Lebih banyak produk kami yang memadukan citarasa manis dan savory daripada kombinasi manis dan manis. Dan lebih banyak konsumen menyukai produk cokelat dengan kombinasi citarasa savory dan manis di gerai kami,” Rob Kingsbury, co-owner, ACKC Cocoa Bar.
   Salah satu produk paling laris di ACKC adalah Chipotle-cinnamon truffle, yang memadukan bahan yang bercitarasa dasar manis dan pedas.