Sukses Bisnis Bakery Beromzet Ratusan Juta Rupiah

 

 

Kesuksesan adalah tujuan utama yang diharapkan oleh pengusaha, bahkan dapat dikatakan bahwa puncaknya bisnis adalah kesuksesan. Salah satu usaha yang cukup menjanjikan adalah bisnis aneka sajian bakery. Dalam membuat bakery tidak dibutuhkan modal produksi yang besar. Selain itu, bahan untuk membuat aneka bakery juga tidak sulit untuk ditemui. Kreativitas merupakan salah satu penentu keberhasilan usaha bakery.
Produk bakery sendiri sebenarnya terdiri dari berbagai jenis, dapat dikatakan bahwa berbagai macam produk yang di panggang dalam oven atau yang dalam bahasa asing dikenal dengan istilah “bake” merupakan produk bakery. Namun, berbagai produk yang telah selesai di panggang umumnya tidak begitu saja disajikan, jadi masih diperlukan perlakuan tambahan seperti member topping, menambahkan isi dan sebagainya.

Suguhkan Berbagai Varian Bakery
Variasi dalam menyajikan hidangan bakery inilah yang menjadi salah satu ciri khas dan juga daya tarik bagi konsumen. Variasi produk tidak hanya dapat diterapkan pada penyajian ataupun penampilan, tetapi juga penggunaan bahan. Tak ada salahnya jika mengganti tepung terigu sebagai bahan dasar bakery dengan bahan lainnya yang lebih ekonomis. Saat ini juga tak jarang beberapa produsen bakery juga menggunakan cara tersebut untuk menarik hati pembeli. Hal ini tentu tidak hanya dapat menjadi ciri khas produk bakery Anda, tetapi dapat meminimalkan biaya produksi dan memaksimalkan harga jual.

Harga Jual Untuk Semua Kalangan
Dalam menentukan harga jual, bukan berarti Anda harus memberikan harga yang mahal, akan tetapi prosentase keuntunganlah yang ditingkatkan semaksimal mungkin. Jadi konsumen tidak keberatan dengan harga jual tersebut. Bahkan jika memungkinkan, berikan harga yang sangat terjangkau bagi konsumen dari semua kalangan. Hal tersebut tentunya juga menjadi salah satu nilai tambah tersendiri bagi mereka, dan tidak melupakan bahwa kualitas menjadi salah satu penilaian yang utama. Sebab, tak sedikit dari produsen bakery yang hanya mementingkan harga jual yang rendah dan melupakan bahwa kualitas diatas segalanya.

Pilih Bahan Berkualitas
Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tentunya dibutuhkan juga bahan yang berkualitas. Seperti telah dibahas pada paragraf sebelumnya, bahwa memilih bahan pengganti terigu dapat menjadi salah satu alternatif untuk menghasilkan produk yang ekonomis dan juga variatif. Dalam menentukan bahan pengganti tersebut ada beberapa hal yang juga perlu Anda perhatikan. Yang pasti adalah, cari bahan yang memiliki kualitas gizi yang tidak kalah dengan terigu dan akan lebih baik jika memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan terigu. Misalnya saja kentang, di dalam kentang juga terdapat karbohidrat namun ada banyak manfaat lain yang juga bermanfaat bagi tubuh manusia. Bisa juga beberapa sayuran seperti bayam yang ditambahkan pada adonan. Dengan demikian, produk Anda tidak hanya bervariasi tetapi juga bermanfaat dan memiliki nilai gizi yang lebih. Yang terakhir dalam hal bahan adalah, pilih supplier bahan yang dapat dipercaya, dengan harapan sampai kapanpun Anda akan mendapatkan bahan baku dengan kualitas yang stabil.

Pertahankan Citarasa
Citarasa tak pernah lepas dari bisnis kuliner, dalam hal ini adalah bakery. Ketika konsumen sudah menyukai citarasa dari produk yang kita suguhkan, maka jangan pernah mengubahnya.  Karena bisa jadi citarasa yang ada pada produk bakery Anda itulah yang membuat mereka menjadi pelanggan setia. Jika memiliki masalah dengan biaya produksi, bukan berarti dapat menurunkan citarasa. Yang harus dilakukan adalah perhitungkan kembali biaya produksi.

Pelayanan Terbaik
Salah satu penilaian bagi sebagian besar masyarakat Indonesia adalah pelayanan. Bahkan tak sedikit outlet bakery juga ikut mengutamakan pelayanan. Salah satu bagian dari pelayanan adalah kebersihan. Keinginan dan juga karakter konsumen tentunya berbeda-beda. Dan hal inilah yang harus Anda pelajari sebagai pengusaha. Meskipun cara mereka menyampaikan keinginan tidak sesuai dengan keinginan Anda, bukan berarti Anda tidak memberikan pelayanan terbaik. Ramah tamah dan selalu mengerti keinginan konsumen, itulah yang perlu diperhatikan. Selain itu kebersihan lingkungan atau outlet serta proses produksi juga harus tetatp terjaga setiap saat.

Kritik & Saran
Kritik dan juga saran sebenarnya sangat membantu perkembangan bisnis yang dijalani. Terlebih jika kritik dan saran itu datang langsung dari konsumen. Sebab, sebagian dari mereka memiliki karakter yang cepat bosan terhadap suatu produk makanan ataupun jajanan. Oleh karena itu sangat penting menderngar masukkan dari mereka demi berkembangnya usaha bakery Anda ke arah yang lebih baik. Jika semua langkah telah dilakukan, maka untung ratusan juta yang diharapkan pun juga akan menghampiri. Semoga sedikit tips ini dapat bermanfaat bagi Anda.*PB

JIka Bunda ingin bisa membuat Aneka Roti, Cake dan Pastry. Yuk join dikelas LeZAT Academy dan hubungi kontak dibawah ini :

INFORMASI PENDAFTARAN :
Telepon : (031) 3538710 (Andah / Ida / Aini)
WhatsApp / SMS : +6282132719475 / +6282132719471
BBM : 5D106281
LINE : lezat_pastrynbakery
Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.