Carat Compound Chocolate Training Untuk Media Carat Decorcream Dark yang ditujukan untuk dekorasi ca

     JAKARTA – Dalam rangka untuk mengenal lebih dekat produk terbaru dari Puratos yaitu Carat Compound Chocolate, baru-baru ini mereka menggelar Carat Compound Chocolate Training untuk media.

Diikuti sekitar 10 media cetak dan online, Adang Hendra, Technical Manager PT.Puratos Indonesia memandu langsung kegiatan training dengan materi seperti pengenalan produk Carat, pengetahuan dasar tentang cokelat serta cokelat compound dan terakhir hands-on training membuat berbagai aplikasi penggunaan cokelat Carat.

     Dalam kegiatan training bersama media ini Adang menjelaskan bahwa secara umum di dunia dikenal dua jenis cokelat, yaitu real chocolate dan chocolate compound. Perbedaan keduanya adalah pada komposisi bahan baku yang terkandung di dalamnya. Dalam real chocolate terkandung cocoa mass dan cocoa butter, sedangkan pada chocolate compound mengandung cocoa powder dan lemak nabati. Lebih lanjut Adang juga menjelaskan proses produksi
cokelat dimulai dari biji kakao hingga menjadi cocoa powder.

 

     Menurut Adang secara harafiah, chocolate compound berarti segala sesuatu yang terlihat menyerupai cokelat asli, tetapi tidak bisa disebut sebagai cokelat asli. Bahan baku chocolate compound terdiri dari gula, lemak nabati dan cocoa powder. Lemak nabati dalam cokelat compound bisa berkisar ± 35%, jumlah persentasi lemak di dalamnya akan berpengaruh pada tingkat keenceran, tekstur serta kontraksi yang ditimbulkan ketika diaplikasikan untuk membuat kreasi produk cokelat seperti cokelat pralines misalnya yang harus dicetak menggunakan cetakan. Saat ini produk cokelat compound Carat terbagi menjadi 2 jenis yaitu hard compound, yaitu Carat Coverlux dengan varian dark, milk dan white. Masih jenis hard compound, Carat Coverliq yang diperuntukkan khusus sebagai cokelat pelapis dengan hasil akhir yang tipis. Sedangkan untuk cokelat jenis soft compound terdapat Carat Compound Chocolate Training Untuk Media Carat Decorcream Dark yang ditujukan untuk dekorasi cake lembut dengan tekstur creamy serta menghasilkan potongan cake yang rapi. Terakhir adalah Carat Supercream yang diperuntukkan sebagai filling serbaguna. Setelah mendapat materi cukup mengenai cokelat, cokelat compound dan tentang cokelat Carat, peserta dari media pun langsung menuju meja marmer dimana Adang mempraktekan membuat kreasi cokelat seperti
truffle, mandiant, Half Moon Cake serta Alfajores dengan aplikasi rangkaian produk cokelat Carat. Setelah itu masing-masing peserta mencoba membuat sendiri beberapa cokelat truffles dan mandiant yang ternyata memang tak semudah seperti yang terlihat ketika Adang mempraktekannya.