Ajang Unjuk Kemampuan Bakery se-Taiwan

     Mengunjungi berbagai pameran kebutuhan bisnis bakery selalu saja memperoleh manfaat, pengetahuan, hingga inspirasi untuk meng-upgrade peralatan hingga ideide baru. Taipei Internaional Bakery Show 2013 adalah salah satu acara yang patut dikunjungi untuk membuka wawasan mengenai pengembangan bisnis bakery, terutama karena Indonesia banyak berkiblat pada Taiwan untuk produk-produk bakery-nya.

     Pada 28 – 31 Maret 2013 lalu diadakan sebuah pameran besar di Taipei, yaitu Taipei International Bakery Show 2013 (TIBS 2013). Bersama rombongan peserta Bakery Champion Tour 2013 yang merupakan pelanggan produk Gold Bullion dan Mother’s Choice dari PT Sinar Meadow International Indonesia, menyempatkan diri mampir mengunjungi pameran tersebut. TIBS 2013 merupakan pertemuan dari para supplier bakery dari seluruh dunia khususnya Asia dengan perbagai pelaku bisnis bakery dari Taiwan dan negara-negara sekitar Taiwan, termasuk Indonesia. Bermacam kebutuhan bisnis bakery mulai dari peralatan, bahan-bahan untuk produk bakery, packaging, hingga berbagai produk penunjang untuk bisnis bakery. 

Berkumpulnya Bakery se-Taiwan
      Peserta TIBS 2013 tak hanya dari supplier saja, acara tahunan yang diadakan di Taipei World Trade Center Nangang Exhibition Hall (TWTC Nangang) ini menyediakan satu hall khusus untuk peserta dari bakerybakery di Taiwan. Riuh rendah suasana hall khusus bakery, berlomba menawarkan produk-produk unggulan mereka. Mulai dari roti-roti khas Eropa, roti manis, berbagai dessert menarik seperti aneka cheesecake dan cake, hingga moci dan kue kukus maupun kue khas Taiwan, yaitu tart nanas. Penonton yang datang dari segala penjuru Taiwan dan negaranegara sekitar Taiwan, tak perlu bersusah payah berkeliling kota Taipei maupun kota-kota lainnya untuk mengunjungi satu per satu bakery hanya sekadar menilik atau mencicipi produk-produk bakery. Lewat TIBS 2013, kita bisa mengunjungi booth dari bakery-bakery di kota Taipei dan sekitarnya. Bakery-bakery peserta TIBS 2013 juga menyediakan icip-icip produk unggulan mereka. Serunya, tiap kali salah satu peserta pameran menyediakan icip-icip, segera diserbu oleh pengunjung. Keramaian di depan booth peserta berangsur menyurut selepas icip-icipnya habis. Berbeda dengan rombongan dari Indonesia yang tak terlalu menghiraukan pembagian icip-icip, peserta dari Indonesia lebih tertarik melihat produk-produk yang di display. Berusaha mengambil gambar dari produk-produk unggulan dari bakery-bakery di Taiwan ini untuk inspirasi produk maupun kemasan.

Kompetisi Tingkat Dunia
     Sejak tahun 2006, TIBS mengadakan berbagai kompetisi baking bertaraf internasional. Mulai dari Coupe de Monde de la Boulangerie – Louis Lesaffre, UIPCG Junior World Championship, World Chocolate Masters, hingga Les Masters de la Boulangerie (The Bakery masters). Selain itu, dalam ajang TIBS ini merupakan kesempatan untuk unjuk diri dari para baker maupun bakery. Tak heran jika acara kompetisi dalam TIBS 2013 selalu dinantikan pengunjung. Salah satu nomor kompetisi yang setia ditunggu pengunjung adalah World Chocolate Masters. Kompetisi The 2013 Edition of World Chocolate Masters Asia Pacific Selection, akan memilih chocolatier terbaik se-Asia Pacific untuk diikutkan lomba pada tingkat dunia. Peserta yang ikut pada tahun ini adalah Stephen Tang (China), Yeong Min, Lee (Korea), Deniz Karaga (Australia), Vikas Bagul (India), Lei Fu Veng (Macau), dan Cheng Chi Hsien (Taiwan). Kompetisi ini akhirnya dimenangkan oleh Deniz Karaga dan 1st runner up dipegang oleh Lei Fu Veng.

Taiwan Gateaux Technique Contest
     Dalam ajang TIBS 2013 juga diadakan Taiwan Gateaux Technique Contest. Bermacam bentuk display cake yang didekorasi dengan berbagai bentuk yang menawan disajikan kepada juri dan pengunjung. Tampilan cake yang di dekorasi cantik mengundang decak kagum dari pengunjung yang tak hanya datang dari kalangan pebisnis bakery dan food service tapi banyak juga rombongan pelajar sekolah pariwisata dan kuliner yang banyak terdapat di sekitar Taiwan. Menurut pengamatan Pastry&Bakery, sebenarnya tak ada teknik-teknik yang baru dalam tampilan Taiwan Gateaux Technique Contest 2013, namun kemampuan menampilkan visualisasi gambar menjadi bentuk 3D
menjadi salah satu keunggulan dari masing-masing peserta. Kelas wedding cake menjadi salah satu nomor yang paling banyak diikuti, sekaligus berlomba menampilkan kecanggihan memamerkan ilmu dekorasi cake yang dimiliki peserta. Walaupun wedding cake sebagai media untuk pamer kebolehan, dekorasi cake non wedding juga tak kalah apiknya.Selain memamerkan aneka kreasi cake decoration, dalam TIBS 2013 juga menampilkan bermacam showpiece.
Tak hanya showpiece yang terbuat dari cokelat, namun juga showpiece dengan teknik sugar pulling.