Graduation Cupcakes

Pada edisi kali ini, Cupcakes Moment bersama Pastry&Bakery memilih tema Graduation Cupcakes, karena pada bulan Juni – Juli bertepatan dengan momen kelulusan pelajar maupun wisuda sarjana. Peristiwa kelulusan ini merupakan sesuatu kenangan yang sangat berharga karena tidak sering terjadi. Pastry &Bakery mencoba menawarkan ide untuk berkreasi. Dibantu oleh Wenping,

Berawal dari iseng-iseng membuatkan cupcake dengan aneka dekorasi untuk acara baby one month seorang saudara. Wenping malah mendapatkan ide untuk berbisnis cupcake secara online sejak tahun 2009. Menurut Wenping desain dan detail artistik dari aneka dekorasi cupcake buatannya yang membedakan dengan cupcake lain yang sudah ada. Varian cupcake buatannya cukup beragam mulai dari vanilla, orange syrup, lemon, rum&raisin, banana, chocolate mud cupcake, chocolate brownie cupcake bagi pecinta cokelat.

Selain itu Cupcakes Moment juga menghadirkan varian untuk diet, seperti flourless chocolate cupcakes, egg free chocolate cupcakes, serta avocado and lemon cupcakes. Menurut wanita lulusan University of Toulouse, Prancis jurusan Hospitality Management ini selain cupcakes, Cupcakes Moment juga menerima pesanan kue dengan harga mulai dari Rp 1.000.000.

Pembuatan Figurine Siswa dan Siswi :

  1. Bentuk badan menggunakan fondant putih dengan bentuk tear drop.
  2. Pipihkan fondant kuning untuk baju siswi, kemudian cetak bulat menggunakan ring cutter kemudian letakkan di atas fondant bentuk tear drop.Rapikan bentuk agar bentuk fondant kuning lebih alami sebagai bajunya.
  3. Bentuk tangan menggunakan fondant warna kulit, pipihkan bagian ujungnya. Gunting untuk membentuk jari-jarinya kemudian lekuk bagian tengahnya untuk membentuk siku. Buat baju bagian lengan menggunakan fondant warna kuning menggunakan cutter bentuk persegi, letakkan di atas bentuk lengan.
  4. Sambung bentuk bulat agak lonjong untuk bagian kepala dengan bantuan tusuk gigi atau spaghetti kering agar lebih kuat.
  5. Buat rambut menggunakan fondant warna cokelat dengan cara dipilin, kemudian lilitkan pada spaghetti agar menimbulkan efek keriting. Letakkan dan susun rambut di atas kepala menggunakan bantuan lem yang terbuat dari fondant putih yang direbus dengan air. Untuk variasi bentuk rambut bisa menggunakan cetakan veiner atau dengan model rambut pendek.
  6. Bentuk mata menggunakan ujung spaghetti, kemudian beri fondant warna hitam. Buat bentuk bulat untuk hidung menggunakan fondant warna kulit. Setelah itu buat bentuk mulut menggunakan fondant tool atau ujung sedotan yang sudah digunting. Untuk variasi bentuk mata bisa menggunakan fondant putih yang dipipihkan, tempelkan fondant warna hitam beri sedikit fondant biru. Beri sentuhan terakhir dengan edible powder sebagai blush on dan glitter pada baju

Bentuk Buku :

  1. Bentuk buku dengan fondant warna putih bentuk bujur sangkar, kemudian lapis dengan fondant kuning sebagai sampulnya.
  2. Buat efek guratan buku dan sampul yang sedikit terbuka, untuk variasi bisa menggunakan fondant aneka warna sebagai warna sampul bukunya.

Bentuk Rak Buku :

  1. Pipihkan fondant warna cokelat, cetak dengan motif bata, kemudian cetak dengan ring cutter.
  2. Potong bagian bawahnya, kemudian letakkan fondat cokelat yang sudah dibentuk persegi panjang serta dicetak motif bata untuk sebagai rak.

Bentuk Pensil :

  1. Buat bentuk pensil menggunakan fondat warna biru dengan bentuk runcing bagian ujungnya.
  2. Beri fondant warna beige pada bagian pangkal ujungnya.

Bentuk Gulungan Ijazah :

  1. Pipihkan fondant putih, setelah itu cetak dengan cetakan bentuk bujur sangkar.
  2. Gulung dengan jari telunjuk, setelah itu beri tali menggunakan fondant warna merah yang dipilin. Bubuhkan edible art untuk efek glitter.

Bentuk Toga :

  1. Pipihkan fondant warna hitam cetak dengan cetakan persegi, setelah itu letakkan di atas fondant hitam yang dibentuk bulat yang sudah diletakkan di atas cupcakes.
  2. Beri tali toga menggunakan fondant warna hitam yang dipilin

Bentuk Papan Tulis :

  1. Pipihkan fondant warna cokelat muda, beri efek kayu menggunakan cetakan motif kayu dengan fondant tool.
  2. Cetak dengan cutter berbentuk bujur sangkar, letakkan fondant warna hitam yang sudah dibentuk bujur sangkar di atasnya.

Menjelang perayaan Natal, Tahun Baru Imlek dalam seminggu pesanan cupcakesnya bisa mencapai 1.500 buah. Untuk harga cupcake mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 100.000. Sedangkan untuk paket baby one month mulai Rp. 200.000 hingga Rp 300.000 dengan isi 4 dan 6 buah.

Selain menerima pesanan aneka cupcake, Cupcakes Moment juga menjual aneka merchandise bagi pecinta kue dan cupcakes seperti kaos, tas, bantal dengan design dan tema cupcakes yang dibuat secara handmade. Untuk melihat aneka koleksi merchandise Cupcakes Moment bisa diklik di www.cupcakesmoment.com .

Pastry&Bakery/@Novi Amaliyah, foto-foto : Richard R. Mandala