• Ulasan Tren

    Pastry

  • Artikel & Tips

    Bakery

  • Artikel & Tips

    Pastry

VISIT OUTLET

Berita seputar Outlet

EQUIPTECH

Informasi Bahan Makanan

TIPS & TRIK

Tips & Trik Yang Perlu Anda Tahu

CREATIVE RECIPIES

Resep-Resep Kreatif

ART & DECO

Seputar Art & Deco

Cikang Hadirkan Legenda Cita Rasa Tak Terungkap dari Ranah Minang

Pemecahan Rekor Dunia “The Largest Thematic Cookies”

MODENA Buka Flagship Store Berkonsep Experience Center

Baking Demo Gold Bullion Bersama STP Trisakti

Manajemen Produksi Usaha Katering & Warung Tanpa Tergantung Tukang Masak

2013 Machinery, Materials, Marketing of Bakery and Confectionery Show

Biz Newz

Kampoeng Tempo Doeloe Kembali Meriahkan Gelaran JF3 Ke-15

Creative Recepies

Roll Chocolate Cake

Baking Tips

Sukses Membuat Brownies Yang Benar

Visit Produk

Art In A Cup, Angkat Citarasa Biji Kopi Sumatera

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Medina, Pertama Di Indonesia Wadah Plast…

19-05-2018 Hits:38 News admin1

Medina, Pertama Di Indonesia Wadah Plastik Bersertifikat Halal MUI

JAKARTA – Medina foodware halal pertama di Indonesia meluncurkan delapan varian baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terkait dengan gaya hidup sehat dan halal. Varian baru ini merupakan inovasi dari...

Read more

OREO Luncurkan OREO THINS di Indonesia

18-05-2018 Hits:25 News admin1

OREO Luncurkan OREO THINS di Indonesia

JAKARTA – Sukses dengan peluncuran OREO Thins di beberapa Negara sebelumnya, akhirnya OREO meluncurkan OREO Thins di Indonesia pada April lalu. OREO THINS mendukung wanita Indonesia yang aktif untuk berkarya...

Read more

Lotte Choco Pie Luncurkan Kampanye #Prem…

18-05-2018 Hits:23 News admin1

Lotte Choco Pie Luncurkan Kampanye #PremiumMomentstogether

JAKARTA – Lotte Choco Pie kembali meluncurkan kampanye terbaru mereka di tahun 2018. Kampanye bertajuk #PremiumMomentstogether ini ditujukan untuk ibu-ibu Indonesia agar mau mengajak anak-anak mereka melakukan rutinitas sehari-hari bersama...

Read more

Kampoeng Tempo Doeloe Kembali Meriahkan …

10-04-2018 Hits:225 News admin1

Kampoeng Tempo Doeloe Kembali Meriahkan Gelaran JF3 Ke-15

JAKARTA – Gelaran Jakarta Fashion&Food Festival (JFFF) kembali digelar, event tahunan yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pecinta fashion dan kuliner. Event ini merupakan kolaborasi Summarecon dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta...

Read more

Le Meridien Hadirkan Chocoholics Bagi Pe…

10-04-2018 Hits:114 News admin1

Le Meridien Hadirkan Chocoholics Bagi Pecinta Cokelat

JAKARTA – Siapa tak suka dengan cokelat? Selama berabad-abad ingredient satu ini menjadi favorit berbagai kalangan. Mengonsumsi cokelat sudah dikenal oleh suku Maya sekitar tahun 450 – 500 SM. Ketika...

Read more

dijadikan sebagai media seni. Dalam laman Youtube banyak sekali tutorial mengenai pembuatan Pudding Art. Belum lama ini Pastry&Bakery mampir ke markas NCC (Natural Cooking Class) yang sedang mengadakan kelas kursus Pudding Art bersama Fatmah Bahalwan. Simak beberapa tips sukses berkreasinya.

     Bagi Anda yang menyukai kreasi seni cobalah berkreasi dengan media pudding. Selain bisa dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut, pudding berhias aneka rangkaian bunga ini juga sangat menarik untuk untuk dipelajari. Sebelum membuat Pudding Art dengan berbagai bentuk, kita harus menyiapkan adonan pudding terlebih dulu. Jika Pudding yang kita kenal mempergunakan agar-agar, pada kreasi Pudding Art memakai gelatine. Penggunaan gelatine sebagai bahan pudding karena tidak mudah mengeras seperti agar-agar atau jelly, dan tetap lembut terutama pada saat membuat “lukisan” di dalam gelatine.

 

     Bahan baku yang digunakan adalah gelatin, perisa cair bening untuk memberikan aroma yang lebih enak untuk pudding. Perbandingan komposisi bahan yang dibutuhkan adalah 1 liter air, 150 gram gula pasir dan 100 gram gelatin halal yang terbuat dari tulang ikan. Untuk memasaknya, Berkreasi Dengan Pudding Art Melihat sekilas pudding, biasanya hanya berupa kreasi dengan ragam cetakan, rasa, dan vla yang menarik. Belakangan pudding yang biasanya disajikan sebagai dessert, dijadikan sebagai media seni. Dalam laman Youtube banyak sekali tutorial mengenai pembuatan Pudding Art. Belum lama ini Pastry&Bakery mampir ke markas NCC (Natural Cooking Class) yang sedang mengadakan kelas kursus Pudding Art bersama Fatmah Bahalwan. Simak beberapa tips sukses berkreasinya. Anda harus memasak dengan teknik au bain marie karena gelatin sebaiknya tidak dimasak langsung di atas api. Masak dengan api sedang dan aduk hingga mendidih. Selain adonan pudding bening untuk membuat Pudding Art dibutuhkan adonan warna-warni yang terbuat dari campuran cream dan adonan pudding bening serta pewarna makanan. Setelah selesai membuat adonan, saatnya menghias pudding. Untuk menghasilkan Pudding Art yang sempurna membutuhkan ketelitian dan kejelian ketika membuatnya, salah satunya adalah ketika membentuk rangkaian kelopak bunga dengan memasukan adonan pudding warna ke dalam pudding bening menggunakan pipet.

Antusiasme Peserta Kelas Pudding Art Natural Cooking Club

 

     Setelah demam menghias cake dengan fondant beberapa waktu lalu, saat ini para pecinta baking tengah dilanda demam pudding art. Siapa tak tergoda dengan tampilan pudding bening dengan rangkaian bunga terlihat di dalamnya, sekilas Anda pasti tergelitik untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya. Ditemui di sela-sela kelas Pudding Art di Natural Cooking Club (NCC) September lalu, Fatmah Bahalwan mengungkapkan antuasiasme member milis NCC yang meminta diadakan kelas Pudding Art. Menurut Fatmah, Pudding Art begitu populer di Mexico. Pudding Art di Mexico lebih dikenal dengan sebutan Gelatin Art.

     Kelas Pudding Art di NCC pertama kali digelar di bulan Agustus dan menjadi populer karena banyaknya anggota NCC yang mendaftar untuk kelas Pudding Art. Tak hanya berasal dari anggota NCC, peserta kelas Pudding Art juga berasal dari Malaysia dengan total seluruh peserta sebanyak 19 orang. Prof Siti Rugaiyah Tibek pengajar bidang Study Islam fakultas Dakwah dan Kepemimpinan, Universiti Kebangsaan Malaysia, salah satu peserta dari Malaysia mengaku mengikuti kelas Pudding Art karena ketertarikannya dengan sesuatu yang berkaitan dengan seni. Ia mulai belajar baking sejak awal tahun 2013, menurutnya jika nanti pensiun dia bisa mengisi waktunya dengan kegiatan yang bermanfaat salah satunya dengan baking. Di Malaysia Siti dan putrinya sudah memulai usaha rumahan dengan menerima pesanan untuk membua cake. Menurutnya, belajar Pudding Art ini walaupun agak sulit tapi sangat menarik. Menurut Datin Hjh Pauziah bt Saaid, General Manager Akademi Citra Klasik, Malaysia peserta lain dari Malaysia “Belajar Pudding Art tidak sulit hanya perlu skill dan hati-hati serta perlu banyak praktek. Selanjutnya saya akan ajarkan ke studentstudent saya di Malaysia,” jelasnya.

     Dalam kelas Pudding Art peserta mendapat peralatan khusus untuk membuat kreasi Pudding Art, diantaranya adalah sendok bergerigi untuk membuat kelopak bunga dan daun serta beberapa peralatan seperti pipet untuk memudahkan peserta ketika membuat bentuk-bentuk yang diinginkan ke dalam pudding serta cermin untuk memudahkan melihat hasil pudding yang dibuat.

 

Tips membuat Pudding Art :

1. Masak bahan gelatine dengan metode au bain marie.
2. Adonan dasar pudding bening tidak boleh melebihi 4 cm atau ± 100 gram. Hal ini untuk memudahkan ketika membuat motif yang diinginkan.
3. Untuk membuat adonan warnawarni, sebaiknya gunakan pewarna makanan yang berbentuk bubuk. Karena lebih mudah tercampur dengan adonan dan warnanya lebih pekat.
4. Gunakan perisa dalam bentuk cair untuk memberi aroma yang enak untuk pudding.

5. Buat desain terlebih dulu, bila akan membuat bunga sebaiknya tentukan dulu rangkaiannya akan seperti apa, serta macam-macam bunga yang akan dibuat.
6. Pelajari sendok-sendok lengkung serta jarum yang digunakan. Gunanya agar memperoleh efek lukisan atau detail yang diinginkan.
7. Hindari sendok lengkung hingga menyentuh wadah cetakan, karena akan membuat adonan tembus ke dasar cetakan yang akan membuat adonan bocor ke permukaan.

8. Inti membuat Pudding Art adalah “melukis” di dalam adonan gelatine.
9. Selain itu perhatikan pula tekstur pudding, jika pudding terlalu lembek ketika kita memasukkan adonan pudding warna sebaiknya simpan terlebih dulu pudding dalam lemari pendingin. Karena jika tetap diteruskan akan membuat kedua adonan tercampur dan gagal membuat bentuk yang kita inginkan.
10. Simpan hasil pudding dalam lemari pendingin. Hasil jadi yang disimpan dalam lemari pendingin bisa tahan hingga 1 minggu.

You have no rights to post comments

primi sui motori con e-max.it

Biznews

JAKARTA - Ingin menikmati shabu-shabu dengan sensasi citarasa yang berbeda?, coba sambangi Shaburi. Restoran yang menyajikan menu Japanese shabu-shabu dengan pilihan yang beragam. Mengusung konsep "One Pot Style All You Can Eat Shabu-Shabu" yang menjadi ciri khas Shaburi dengan restoran shabu-shabu lainnya. One Pot style ini adalah dimana pelanggan bisa mendapatkan satu pot berisi sup pilihan untuk merebus semua makananan yang dihidangkan. Saat ini ada 5 pilihan sup Shaburi yang bisa dipilih pelanggan seperti Origina Konbu, Sukiyaki, Chicken Collagen, Japanese Herbal Hinabe, dan Paitan Hot Miso. Dan yang terbaru Shaburi meluncurkan Truffle Soup sebagai pilihan soup terbaru sejak 23 April 2018.

Truffle soup pada peradaban kuno biasa digunakan sebagai obat, karena dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Truffle sendiri berasal dari jamur truffle yang memiliki citarasa dan aroma yang khas. Pada zaman renaissance truffle menjadi sajian yang populer di kalangan bangsawan dan berharga tinggi dalam budaya kuliner Eropa.

Dengan pilihan menu soup baru ini, sajian shabu-shabu khas Jepang berpadu dengan citarasa dan aroma truffle khas Eropa yang unik. Ditambah dengan pilihan isian shabu-shabu yang beragam mulai dari pilihan daging dari Australia berkualitas. Selain daging tersedia juga pilihan seafood serta sayuran yang segar. Puas menikmati shabu-shabu tak lengkap rasanya tanpa hidangan penutup, Anda bisa menikmati pilihan buah segar potong maupun ice cream. PB/NA

Chef Delight

    Gelombang tren dalam kreasi pastry tak ubahnya seperti tren fashion. Namun I Nyoman Sudiana tetap memilih jalur ‘aman’ demi mendongkrak citra Hotel Akmani sebagai hotel baru di Jakarta. Walaupun bermain aman, Nyoman tetap berusaha menampilkan classic pastry dengan sentuhan menarik.

Selengkapnya...

Pack & Display

Dalam pandangan Diana Sutandya, pemilik L’atelier du Chocolate yang berlokasi di Jakarta, packaging (pengemasan) merupakan salah satu hal penting dalam bisnisnya. “Banyak pelanggan tertarik pada produk-produk cokelat kami, bukan semata karena kualitas citarasanya, namun juga packaging-nya yang unik dan menarik.”

Selengkapnya...

Baker Spirit

    Chef yang satu ini terbilang unik sekaligus tangguh. Meski tuna netra, tak membuat semangatnya hilang. Justru dari keterbatasannya ia banyak memberi inspirasi bagi para chef lainnya.

Selengkapnya...

   

About Us

Selamat menikmati sebuah Majalah yang kami rancang untuk memenuhi kebutuhan informasi Anda, komunitas peminat dan pelaku usaha pastry & bakery di Indonesia. e-mail : redaksi@pastrynbakery.net
Facebook : http://www.facebook.com/lezatn.pastrybakery
Twitter : @tabloidlezat

Newsletter

Lokasi Kami