• Ulasan Tren

    Pastry

  • Artikel & Tips

    Bakery

  • Artikel & Tips

    Pastry

VISIT OUTLET

Le Meridien Jakarta, Hadirkan Pilihan Paket Berbuka Puasa Istimewa

EQUIPTECH

Mengenal Lebih Dekat Cream Cheese

TIPS & TRIK

Tiga Trik Cegah Kue Kering Hancur

CREATIVE RECIPIES

Black Forest Candy Cake

ART & DECO

Car Story Cake

Cikang Hadirkan Legenda Cita Rasa Tak Terungkap dari Ranah Minang

Pemecahan Rekor Dunia “The Largest Thematic Cookies”

MODENA Buka Flagship Store Berkonsep Experience Center

Baking Demo Gold Bullion Bersama STP Trisakti

Manajemen Produksi Usaha Katering & Warung Tanpa Tergantung Tukang Masak

2013 Machinery, Materials, Marketing of Bakery and Confectionery Show

News

Magnum Luncurkan Varian Magnum Hazelnut Luxe

Creative Recepies

Owl Character Choux

Baking Tips

Trik menyiasati Jika Kue Kering Kurang Renyah

Visit Produk

BAKE CHEESE TART Istimewa Dari Jepang

Siapa yang tidak pernah mencicipi sponge cake. Biasanya sponge cake digunakan sebagai based decorating cake. Teksturnya berongga agak besar dan memiliki remahan yang banyak saat dipotong. Sebenarnya membuat sponge cake tidak sulit, namun terkadang ada beberapa hal yang menyebabkan sponge cake menjadi gagal. Seperti salah mencampurkan bahan yang satu dengan yang lain atau kalau campurannya sudah benar namun takarannya yang tidak pas. Atau bisa juga tehnik yang digunakan tidak sesuai dengan komposisi bahan.
Ada beberapa tips agar pembuatan sponge cake tidak mengalami kegagalan :


1.Saat melakukan pengocokkan gula dan telur, usahakan adonan cake dikocok sampai kental. Cara mengetahuinya, bila telur sudah kelihatan mulai memucat jalankan mixer berkeliling. Lihatlah jejak garis yang ditinggalkan. Apabila jejak itu lama hilangnya, artinya adonan sudah cukup kental.
2.Gunakan emulsifier dalam pembuatan sponge cake. Emulsifier berfungsi untuk penstabil dan pelembut adonan cake, sehingga adonan yang sudah mengembang akan semakin kokoh.
3.Untuk membuat telur mengembang sempurna, gunakan telur yang masih segar dan dalam keadaan suhu ruang.
4.Selalu ayak tepung atau bahan bubuk lainnya, agar adonan sponge cake mulus dan tidak bergerindil.
5.Masukkan terigu dan bahan bubuk lainnya dengan cara diaduk dari atas kebawah menggunakan spatula, agar volume adonan tidak berubah.
6.Bila menggunakan buah-buahan kering atau sejenisnya kedalam adonan cake, sebaiknya bahan tersebut dicampurkan terlebih dahulu dengan tepung terigu sehingga menyebar keseluruh bagian adonan.
7.Saat memasukkan margarine sebaiknya dicairkan terlebih dahulu, lalu masukkan ke dalam campuran adonan secara bertahap dan diaduk dengan menggunakan spatula dari atas kebawah.
8.Gunakan api kecil atau letakkan di atas oven yang sedang dipanaskan  untuk mencairkan margarine. Cairkan margarine hanya sampai larut, jangan sampai mendidih. Karena margarine yang mendidih, akan menyebabkan hasil kue kurang lembab.

TIPS


•Dalam melakukan pengadukan adonan, jangan dilakukan pengadukan yang terlalu banyak, karena akan mempengaruhi tekstur kue dan hasilnya kue akan menjadi bantat.
•Untuk suhu oven, harus disesuaikan dengan tinggi loyang, jika menggunakan loyang tinggi maka suhu yang dipakai adalah 160 – 170ºC, sedangkan jika menggunakan loyang rendah maka suhu yang dipakai adalah 180 – 200ºC.
•Saat melakukan pengocokkan telur, harus secara bertahap dan kocokan telur tidak boleh terlalu kaku karena tekstur kue akan kempis.
•Jika ingin membuat sponge cake dengan tambahan cokelat bubuk, sebaiknya bubuk cokelat diayak terlebih dahulu, hal ini supaya adonan cake cokelat tidak menggumpal sehingga rasanya tidak pahit saat dikonsumsi. *PB

 

Untuk Info Kelas Cake di LeZAT Academy Bisa Klik Jadwalnya Dibawah ini :

http://lezatacademy.com/download-jadwal-lezat-academy/

 

 

You have no rights to post comments

primi sui motori con e-max.it

Biznews

Anda ingin lihat keseruan generasi milenial dari dunia kuliner yang kekinian? Atau ingin melihat wujud mimpi Anda menjadi foodpreneur?

Selengkapnya...

Chef Delight

    Gelombang tren dalam kreasi pastry tak ubahnya seperti tren fashion. Namun I Nyoman Sudiana tetap memilih jalur ‘aman’ demi mendongkrak citra Hotel Akmani sebagai hotel baru di Jakarta. Walaupun bermain aman, Nyoman tetap berusaha menampilkan classic pastry dengan sentuhan menarik.

Selengkapnya...

Pack & Display

Dalam pandangan Diana Sutandya, pemilik L’atelier du Chocolate yang berlokasi di Jakarta, packaging (pengemasan) merupakan salah satu hal penting dalam bisnisnya. “Banyak pelanggan tertarik pada produk-produk cokelat kami, bukan semata karena kualitas citarasanya, namun juga packaging-nya yang unik dan menarik.”

Selengkapnya...

Baker Spirit

    Chef yang satu ini terbilang unik sekaligus tangguh. Meski tuna netra, tak membuat semangatnya hilang. Justru dari keterbatasannya ia banyak memberi inspirasi bagi para chef lainnya.

Selengkapnya...

    

About Us

Selamat menikmati sebuah Majalah yang kami rancang untuk memenuhi kebutuhan informasi Anda, komunitas peminat dan pelaku usaha pastry & bakery di Indonesia. e-mail : redaksi@pastrynbakery.net
Facebook : http://www.facebook.com/lezatn.pastrybakery
Twitter : @tabloidlezat

Newsletter

Lokasi Kami