• Ulasan Tren

    Pastry

  • Artikel & Tips

    Bakery

  • Artikel & Tips

    Pastry

VISIT OUTLET

Berita seputar Outlet

EQUIPTECH

Informasi Bahan Makanan

TIPS & TRIK

Tips & Trik Yang Perlu Anda Tahu

CREATIVE RECIPIES

Resep-Resep Kreatif

ART & DECO

Seputar Art & Deco

Cikang Hadirkan Legenda Cita Rasa Tak Terungkap dari Ranah Minang

Pemecahan Rekor Dunia “The Largest Thematic Cookies”

MODENA Buka Flagship Store Berkonsep Experience Center

Baking Demo Gold Bullion Bersama STP Trisakti

Manajemen Produksi Usaha Katering & Warung Tanpa Tergantung Tukang Masak

2013 Machinery, Materials, Marketing of Bakery and Confectionery Show

Biz Newz

Kampoeng Tempo Doeloe Kembali Meriahkan Gelaran JF3 Ke-15

Creative Recepies

Roll Chocolate Cake

Baking Tips

Sukses Membuat Brownies Yang Benar

Visit Produk

Art In A Cup, Angkat Citarasa Biji Kopi Sumatera

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Manjakan Pelanggan, Pancious Luncurkan P…

30-05-2018 Hits:90 News admin1

Manjakan Pelanggan, Pancious Luncurkan Pancious Benefit App

JAKARTA - Pancious Group baru-baru ini meluncurkan Pancious Benefit App untuk memudahkan sekaligus memanjakan para pelanggan setianya. App yang diluncurkan sejak 14 Mei 2018 di Pancious Grand Indonesia ini menjadi...

Read more

Le Meridien Jakarta, Hadirkan Pilihan Pa…

29-05-2018 Hits:72 News admin1

Le Meridien Jakarta, Hadirkan Pilihan Paket Berbuka Puasa Istimewa

JAKARTA – Bertajuk CLICK CLOCK Ramadhan, Le Meridien Jakarta menghadirkan tiga pilihan destinasi bagi pecinta kuliner untuk berbuka puasa. Mulai dari sajian local, internasional hingga Timur Tengah dengan cita rasa...

Read more

Medina, Pertama Di Indonesia Wadah Plast…

19-05-2018 Hits:122 News admin1

Medina, Pertama Di Indonesia Wadah Plastik Bersertifikat Halal MUI

JAKARTA – Medina foodware halal pertama di Indonesia meluncurkan delapan varian baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terkait dengan gaya hidup sehat dan halal. Varian baru ini merupakan inovasi dari...

Read more

OREO Luncurkan OREO THINS di Indonesia

18-05-2018 Hits:79 News admin1

OREO Luncurkan OREO THINS di Indonesia

JAKARTA – Sukses dengan peluncuran OREO Thins di beberapa Negara sebelumnya, akhirnya OREO meluncurkan OREO Thins di Indonesia pada April lalu. OREO THINS mendukung wanita Indonesia yang aktif untuk berkarya...

Read more

Lotte Choco Pie Luncurkan Kampanye #Prem…

18-05-2018 Hits:89 News admin1

Lotte Choco Pie Luncurkan Kampanye #PremiumMomentstogether

JAKARTA – Lotte Choco Pie kembali meluncurkan kampanye terbaru mereka di tahun 2018. Kampanye bertajuk #PremiumMomentstogether ini ditujukan untuk ibu-ibu Indonesia agar mau mengajak anak-anak mereka melakukan rutinitas sehari-hari bersama...

Read more

Jika Anda penggemar makanan continental seperti pasta atau hidangan dengan rasa keju, maka kehadiran cream cheese ini pastilah bukan hal yang asing atau baru ditelinga kita. Teksturnya yang lembut dan  menyerupai saus mayonnaise, namun berbeda bahan pembuatnya serta fungsinya membuat penggemarnya tak akan bisa berhenti untuk menikmati sensasinya yang lembut dilidah kita.

Cream cheese (keju krim) merupakan jenis keju muda yang belum difermentasi dan salah satu keju Amerika yang terkenal, dimana mempunyai tekstur yang lunak dan lembut, warnanya putih mirip tofu serta rasanya yang asam lembut. Krim ini sendiri sangatlah terkenal sebagai bahan utama dalam pembuatan cheese cake baik yang dipanggang ( oven ) atau yang didinginkan ( chilled) dan sebaiknya jika menggunakannya selalu keluarkan keju krim ( cream cheese) dari lemari pendingin selama kurang lebih 30 menit sebelumnya agar cream cheese melunak.

Krim keju ini banyak dijual dalam lemari pendingin di supermarket, dalam bentuk kemasan kertas alumunium atau wadah mangkuk plastik. Di pasar raya biasa jenis krim keju ini dijual dalam kotak kecil yang beratnya sekitar 250 gram, dimana krim keju ada dua jenis yang dijual dipasaran yaitu jenis spreadable cream cheese / double cream cheese mengandung lemak 65% ( untuk dioles dengan roti,  sebagai isi pie atau dimakan dengan buah – buahan) dan jenis jenama yang ditambah krim dan mengandung lemak susu 45%, berwarna kuning susu serta mudah lembut pada suhu ruang ( untuk pembuatan cheese cake)

Cream cheese sendiri adalah golongan soft cheese yang agak sedikit susah dalam hal penyimpanannya dalam jangka waktu yang lama. Dimana dalam suhu ruangan yang normal umumnya soft cheese hanya akan bertahan selama 1 – 2 jam setelah itu harus langsung di gunakan.

Umumnya banyak orang menyangka bahwa cream cheese yang mempunyai rasa yang gurih ini juga mempunyai kesamaan dengan keju, padahal bentuk keju lebih padat dan cream cheese lebih lembut. Oleh karena itu cream cheese lebih mudah rusak dan basi, maka sebaiknya Anda harus menyimpannya lebih teliti agar cream cheese lebih tahan lama. Berikut beberapa tips pembuatan serta penyimpanan cream cheese yang baik dan bisa Anda teraokan dirumah.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Cream Cheese :

  • Agar rasa cream cheese tetap enak, maka keluarkan dulu cream cheese dari kulkas sebelum dipakai dan biarkan suhunya normal dan baru bisa digunakan untuk memasak.
  • Sebaiknya potong cream cheese menggunakan pisau yang bersih dan kering, agar cream cheese tidak terlalu cepat berjamur atau basi. Sebelumnya celupkan pisau dalam air mendidih ( disterilisasi), lalu dikeringkan dengan kain bersih baru gunakan dalam memotongnya sesuai resep.
  • Sebaiknya pilihlah cream cheese yang tidak terlalu berbintik – bintik warna hijau, hitam atau abu – abu yang memandakan telah tumbuh jamur spora, bagian permukaan dan bagian dalamnya masih berwarna serta memilik tekstur yang sama, cream cheese masih berbau normal/ tidak tengik ataupun berbau terlalu asam.
  • Pada saat penuangan adonan cream cheese kedalam cetakan, Anda harus menutupi bagian pinggirnya hingga merata, lalu menuangkan semua adonan kebagian tengah hingga setengah bagian. Bau tambahkan topping diatasnya dan simpan dalam lemari pendingin selama 3 jam.

Tips Menyimpan Cream Cheese Agar Tetap Enak :

  • Jangan Menyimpan Cream Cheese di Freezer

Cara termudah dalam menyimpan cream cheese adalah dilemari pendingin, namun akan lebih baik tidak dimasukkan dalam freezer. Sebab akan membuat rasanya berubah karena tingkat suhu dinginnya yang rendah, maka sebaiknya cream cheese disimpan dalam wadah tertutup rapat dan diletakkan dalam kulkas biasa.

  • Meskipun disimpan dalam lemari pendingin, cream cheese yang sudah dibuka biasanya tidak akan tahan lebih dari 2 minggu, apalagi jika suhu dalam kulkas tidak stabil. Maka cream cheese akan lebih cepat tumbuh jamur
  • Sebaiknya simpan cream cheese dibagian chillernya dalam lemari pendingin dan tidak diarea dekat lampu maupun di pintu, karena relative suhunya kurang dingin dan suhu fluktuatif ketika kulkas dibuka tutup. Jadi simpan dalam suhu 2 – 4 C
  • Jika cream cheese sisa maka sebaiknya bungkus rapat dalam plastik atau gunakan plastik icing baru, baru masukkan dalam lemari pendingin agar bisa lebih tahan lama. * Puji/dbs.

You have no rights to post comments

primi sui motori con e-max.it

Biznews

LeZATAcademy.com, Surabaya – Berangkat dari kesuksesan dari beberapa angkatan sebelumnya dalam workshop 3 Days Biz Camp, LeZAT Academy sebagai salah satu wadah yang menyediakan sarana pelatihan dibidang kuliner kembali lagi bekerja sama menggandeng sang praktisi, pakar kuliner Indonesia serta seorang penulis buku kuliner pangan yaitu Yuyun Anwar

Selengkapnya...

Chef Delight

    Gelombang tren dalam kreasi pastry tak ubahnya seperti tren fashion. Namun I Nyoman Sudiana tetap memilih jalur ‘aman’ demi mendongkrak citra Hotel Akmani sebagai hotel baru di Jakarta. Walaupun bermain aman, Nyoman tetap berusaha menampilkan classic pastry dengan sentuhan menarik.

Selengkapnya...

Pack & Display

Dalam pandangan Diana Sutandya, pemilik L’atelier du Chocolate yang berlokasi di Jakarta, packaging (pengemasan) merupakan salah satu hal penting dalam bisnisnya. “Banyak pelanggan tertarik pada produk-produk cokelat kami, bukan semata karena kualitas citarasanya, namun juga packaging-nya yang unik dan menarik.”

Selengkapnya...

Baker Spirit

    Chef yang satu ini terbilang unik sekaligus tangguh. Meski tuna netra, tak membuat semangatnya hilang. Justru dari keterbatasannya ia banyak memberi inspirasi bagi para chef lainnya.

Selengkapnya...

    

About Us

Selamat menikmati sebuah Majalah yang kami rancang untuk memenuhi kebutuhan informasi Anda, komunitas peminat dan pelaku usaha pastry & bakery di Indonesia. e-mail : redaksi@pastrynbakery.net
Facebook : http://www.facebook.com/lezatn.pastrybakery
Twitter : @tabloidlezat

Newsletter

Lokasi Kami