• Ulasan Tren

    Pastry

  • Artikel & Tips

    Bakery

  • Artikel & Tips

    Pastry

VISIT OUTLET

Berita seputar Outlet

EQUIPTECH

Informasi Bahan Makanan

TIPS & TRIK

Tips & Trik Yang Perlu Anda Tahu

CREATIVE RECIPIES

Resep-Resep Kreatif

ART & DECO

Seputar Art & Deco

Cikang Hadirkan Legenda Cita Rasa Tak Terungkap dari Ranah Minang

Pemecahan Rekor Dunia “The Largest Thematic Cookies”

MODENA Buka Flagship Store Berkonsep Experience Center

Baking Demo Gold Bullion Bersama STP Trisakti

Manajemen Produksi Usaha Katering & Warung Tanpa Tergantung Tukang Masak

2013 Machinery, Materials, Marketing of Bakery and Confectionery Show

Biz Newz

Kampoeng Tempo Doeloe Kembali Meriahkan Gelaran JF3 Ke-15

Creative Recepies

Roll Chocolate Cake

Baking Tips

Sukses Membuat Brownies Yang Benar

Visit Produk

Art In A Cup, Angkat Citarasa Biji Kopi Sumatera

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Medina, Pertama Di Indonesia Wadah Plast…

19-05-2018 Hits:44 News admin1

Medina, Pertama Di Indonesia Wadah Plastik Bersertifikat Halal MUI

JAKARTA – Medina foodware halal pertama di Indonesia meluncurkan delapan varian baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terkait dengan gaya hidup sehat dan halal. Varian baru ini merupakan inovasi dari...

Read more

OREO Luncurkan OREO THINS di Indonesia

18-05-2018 Hits:25 News admin1

OREO Luncurkan OREO THINS di Indonesia

JAKARTA – Sukses dengan peluncuran OREO Thins di beberapa Negara sebelumnya, akhirnya OREO meluncurkan OREO Thins di Indonesia pada April lalu. OREO THINS mendukung wanita Indonesia yang aktif untuk berkarya...

Read more

Lotte Choco Pie Luncurkan Kampanye #Prem…

18-05-2018 Hits:24 News admin1

Lotte Choco Pie Luncurkan Kampanye #PremiumMomentstogether

JAKARTA – Lotte Choco Pie kembali meluncurkan kampanye terbaru mereka di tahun 2018. Kampanye bertajuk #PremiumMomentstogether ini ditujukan untuk ibu-ibu Indonesia agar mau mengajak anak-anak mereka melakukan rutinitas sehari-hari bersama...

Read more

Kampoeng Tempo Doeloe Kembali Meriahkan …

10-04-2018 Hits:228 News admin1

Kampoeng Tempo Doeloe Kembali Meriahkan Gelaran JF3 Ke-15

JAKARTA – Gelaran Jakarta Fashion&Food Festival (JFFF) kembali digelar, event tahunan yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pecinta fashion dan kuliner. Event ini merupakan kolaborasi Summarecon dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta...

Read more

Le Meridien Hadirkan Chocoholics Bagi Pe…

10-04-2018 Hits:114 News admin1

Le Meridien Hadirkan Chocoholics Bagi Pecinta Cokelat

JAKARTA – Siapa tak suka dengan cokelat? Selama berabad-abad ingredient satu ini menjadi favorit berbagai kalangan. Mengonsumsi cokelat sudah dikenal oleh suku Maya sekitar tahun 450 – 500 SM. Ketika...

Read more

Resiko kegagalan dalam membuat cake kukus lebih sedikit dibanding cake panggang. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sebuah keberanian dalam membuat cake panggang. Apapun jenis cakenya asal yakin, pasti akan menghasilkan cake dengan tekstur yang baik.
    Cake merupakan  salah satu penganan kue yang menjadi favorit dan banyak diminati oleh masyarakat. Selain mudah membuat kenyang, cake juga dapat menjadi salah satu alternatif  bagi Anda yang tengah menjalani program diet. Banyak variasi cake yang menarik minat masyarakat saat ini, mulai dari cake untuk pernikahan, untuk ulang tahun atau cake yang biasa dibuat untuk acara keluarga.
    Bahan utama dasar dalam membuat cake adalah telur, gula pasir, tepung terigu, margarin atau mentega. Sedangkan penambahan bahan lain, hanya untuk variasi jenis dan rasa cakenya saja, misalnya ditambah cokelat, selai, rempah-rempah dan lain-lain. Jadi kunci yang sebenarnya kita cukup mempunyai beberapa resep dasar cake yang pas dan sudah pasti enak rasanya.  Dari situ kita dapat memvariasikan cake sendiri. Namun, tidak semua bahan bisa di padu-padan dengan aneka jenis cakenya. Kita juga harus tahu juga bahan-bahan apa yang cocok kira-kira untuk ditambahkan kedalam adonan cake.
Pengolahan dan Penanganan Cake
Apalagi yang membuat cake sukses dengan cara yang sederhana, tentu saja proses pengolahan dan penanganannya yang benar.  Terkadang menurut pendapat beberapa orang , cake tidak jadi karena resepnya yang tidak benar. Tidak semua pendapat tersebut benar, karena jika resep sudah tepat sesuai dengan standartnya maka ada kemungkinan lain ada kesalahan teknik dalam proses pengocokan adonan atau penyebab yang lain, misalnya pengocokan telur yang kurang mengembang atau juga pada saat mencampur  tepung terigu terlalu banyak dan kurang rata pengadukannya, sehingga menyebabkan adonan turun dan hasilnya bantat.

Untuk mengatasi kegagalan tersebut, simak beberapa tips berikut ini yang akan kami ulas.  Awal kebelajaran dan kegagalan tersebut dapat dijadikan sebagai pembelajaran yang lebih baik. Berikut beberapa tahapan dalam membuat cake yang benar :

1. Pastikan semua bahan dalam keadaan segar dan berada pada suhu ruang.
2. Gunakan wadah dan peralatan untuk mengocok adonan harus lebih bersih dan kering, bebas dari minyak dan residu lain. Karena sedikit saja minyak tercampur dalam telur, maka adonan akan sulit naik.
3. Pilih bahan yang berkualitas. Tepung yang tidak apek, gula yang kering dan telur yang masih segar sehingga hasil kue bisa mengembang dengan sempurna.
4. Berat telur adalah 50 gram tanpa kulit.  Bila kurang dari itu bisa menambahkan kuning telur dari telur lain atau bila beratnya kurang dari 50 gram , kurangi putih telurnya.
5. Mengocok margarin dan gula, usahakan jangan terlalu lama, lebih baik menggunakan gula halus supaya mudah larut. Perlu diingat, gula halus tidak sama dengan tepung gula.
6. Pada saat mencampur telur dengan margarin, tidak boleh sekaligus karena akan membuat adonan tidak menyatu. Masukkan satu dulu, setelah adonan rata, baru telur berikutnya dimasukkan. Lakukan hal tersebut, begitu seterusnya sampai telur habis.
7. Pengocokan telur dan gula pasir dilakukan bersamaan. Namun bila ada resep yang menggunakan putih telurnya saja, maka gula pasir baru dimasukkan setelah putih telur dikocok sampai berbusa. Masukkan gula pasir tersebut sedikit demi sedikit kedalam kocokan putih telur.
8. Gunakan telur sesuai dengan suhu ruangan, jangan terlalu menggunakan telur yang berasal dari lemari es.
9. Ayaklah tepung terigu sambil dimasukkan kedalam adonan atau bisa juga tepung terigu diayak sebelum proses pengadukan adonan
10.Pencampuran tepung terigu dengan adonan telur harus diaduk rata dengan menggunakan spatula atau sendok kayu. Bukan dikocok dengan menggunakan mixer agar adonan tidak jatuh.
11.Cairkan margarin dengan menggunakan api kecil, lakukan sesaat sebelum dimasukkan dan asal mencair saja ( jangan sampai mendidih ). Warna margarin juga harus tetap kuning keruh, tidak boleh jernih  karena akan membuat cake bantat.
12.Pastikan bahwa sebelum adonan dimasukkan kedalam oven, sebaiknya oven dipanaskan terlebih dahulu sebelum memasukkan cakenya.
13.Jangan buka tutup pintu oven hingga paling tidak ¾ waktu pemanggangan.
14.Untuk memeriksa kematangan cake, lakukan tes tusuk, juga tekan sedikit permukaan cake, jika permukaan kering dan membal maka cake tersebut sudah matang.
15.Diamkan cake dalam loyang diatas rak selama kurang lebih 10 menit, balik cake ke atas rak lalu biarkan hingga dingin. Pindahkan cake dalam piring saji.
16.Pada pembuatan butter cake, terkadang putih telur dikocok terpisah. Campur putih telur yang sudah kaku kedalam adonan mentega, aduk balik dengan seksama. Pastikan tidak ada putih telur yang masih menggumpal, karena akan menyebabkan cake menjadi berongga besar. Jika putih telur mencair ke bagian bawah, jangan ikut sertakan cairan ini, karena akan menyebabkan kue bantat. Cukup ambil busa putih telur saja diatasnya.
17.Khusus untuk membuat sponge vake, udara yang berlebih dalam adonan akan menyebabkan kue mengembang dan mengempis di luar oven. Untuk meminimalkannya, banting loyang berisi adonan sebelum masuk kedalam oven. Jatuhkan loyang beberapa kali ke atas meja agar udara merata. Udara berlebih akan naik dan pecah di permukaan adonan. Teknik ini khusus untuk sponge cake. Jangan lakukan pada pembuatan butter cake karena akan membuat mentega cenderung berkumpul di bawah.

    Beberapa langkah atau cara membuat cake yang sederhana seperti yang diatas dapat Anda praktekkan dengan mudah dan bahan yang mudah ditemukan di pasar atau toko yang menjual bahan-bahan untuk membuat cake. Dengan membuat cake sendiri, Anda bisa mengkreasikannya sesuai dengan keinginan Anda. Silahkan mencoba resep cake di dapur kesayangan Anda. *PB/ Ayu

 

 

You have no rights to post comments

primi sui motori con e-max.it

Biznews

JAKARTA - Ingin menikmati shabu-shabu dengan sensasi citarasa yang berbeda?, coba sambangi Shaburi. Restoran yang menyajikan menu Japanese shabu-shabu dengan pilihan yang beragam. Mengusung konsep "One Pot Style All You Can Eat Shabu-Shabu" yang menjadi ciri khas Shaburi dengan restoran shabu-shabu lainnya. One Pot style ini adalah dimana pelanggan bisa mendapatkan satu pot berisi sup pilihan untuk merebus semua makananan yang dihidangkan. Saat ini ada 5 pilihan sup Shaburi yang bisa dipilih pelanggan seperti Origina Konbu, Sukiyaki, Chicken Collagen, Japanese Herbal Hinabe, dan Paitan Hot Miso. Dan yang terbaru Shaburi meluncurkan Truffle Soup sebagai pilihan soup terbaru sejak 23 April 2018.

Truffle soup pada peradaban kuno biasa digunakan sebagai obat, karena dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Truffle sendiri berasal dari jamur truffle yang memiliki citarasa dan aroma yang khas. Pada zaman renaissance truffle menjadi sajian yang populer di kalangan bangsawan dan berharga tinggi dalam budaya kuliner Eropa.

Dengan pilihan menu soup baru ini, sajian shabu-shabu khas Jepang berpadu dengan citarasa dan aroma truffle khas Eropa yang unik. Ditambah dengan pilihan isian shabu-shabu yang beragam mulai dari pilihan daging dari Australia berkualitas. Selain daging tersedia juga pilihan seafood serta sayuran yang segar. Puas menikmati shabu-shabu tak lengkap rasanya tanpa hidangan penutup, Anda bisa menikmati pilihan buah segar potong maupun ice cream. PB/NA

Chef Delight

    Gelombang tren dalam kreasi pastry tak ubahnya seperti tren fashion. Namun I Nyoman Sudiana tetap memilih jalur ‘aman’ demi mendongkrak citra Hotel Akmani sebagai hotel baru di Jakarta. Walaupun bermain aman, Nyoman tetap berusaha menampilkan classic pastry dengan sentuhan menarik.

Selengkapnya...

Pack & Display

Dalam pandangan Diana Sutandya, pemilik L’atelier du Chocolate yang berlokasi di Jakarta, packaging (pengemasan) merupakan salah satu hal penting dalam bisnisnya. “Banyak pelanggan tertarik pada produk-produk cokelat kami, bukan semata karena kualitas citarasanya, namun juga packaging-nya yang unik dan menarik.”

Selengkapnya...

Baker Spirit

    Chef yang satu ini terbilang unik sekaligus tangguh. Meski tuna netra, tak membuat semangatnya hilang. Justru dari keterbatasannya ia banyak memberi inspirasi bagi para chef lainnya.

Selengkapnya...

   

About Us

Selamat menikmati sebuah Majalah yang kami rancang untuk memenuhi kebutuhan informasi Anda, komunitas peminat dan pelaku usaha pastry & bakery di Indonesia. e-mail : redaksi@pastrynbakery.net
Facebook : http://www.facebook.com/lezatn.pastrybakery
Twitter : @tabloidlezat

Newsletter

Lokasi Kami