• Ulasan Tren

    Pastry

  • Artikel & Tips

    Bakery

  • Artikel & Tips

    Pastry

VISIT OUTLET

Berita seputar Outlet

EQUIPTECH

Informasi Bahan Makanan

TIPS & TRIK

Tips & Trik Yang Perlu Anda Tahu

CREATIVE RECIPIES

Resep-Resep Kreatif

ART & DECO

Seputar Art & Deco

Cikang Hadirkan Legenda Cita Rasa Tak Terungkap dari Ranah Minang

Pemecahan Rekor Dunia “The Largest Thematic Cookies”

MODENA Buka Flagship Store Berkonsep Experience Center

Baking Demo Gold Bullion Bersama STP Trisakti

Manajemen Produksi Usaha Katering & Warung Tanpa Tergantung Tukang Masak

2013 Machinery, Materials, Marketing of Bakery and Confectionery Show

Biz Newz

Peringatan Hari Ibu Bersama Pemkot Surabaya & Mie Burung Dara

Creative Recepies

Roll Chocolate Cake

Baking Tips

Trik Jitu Membuat Cake

Visit Produk

Menu Prosperity Mcd

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Menu Prosperity McDonald’s Meriahkan Mom…

08-01-2018 Hits:84 News admin1

Menu Prosperity McDonald’s Meriahkan Moment Istimewa

JAKARTA – McDonald’s Indonesia kembali meluncurkan rangkaian menu Prosperity di penghujung tahun 2017. Rangkaian menu favorit ini merupakan menu tahunan yang secara konsisten diluncurkan oleh McDonald’s setiap akhir tahun dengan...

Read more

Sambut Natal Dan Tahun Baru, Starbucks L…

11-12-2017 Hits:152 News admin1

Sambut Natal Dan Tahun Baru, Starbucks Luncurkan Minuman Dan Menu Special

JAKARTA – Menyambut Holiday Season, Natal dan Tahun Baru baru-baru ini Starbucks meluncurkan beragam minuman dan sajian special bagi pelanggan setianya. Menu-menu baru ini hadir mulai 1 November di semua...

Read more

Festival 50 Bakmi Terlezat Jakarta Ada D…

09-12-2017 Hits:156 News admin1

Festival 50 Bakmi Terlezat Jakarta Ada Di Mall Of Indonesia (MOI) Kelapa Gading

JAKARTA – Mall Of Indonesia (MOI) Kembali Menghadirkan Festival 50 Bakmi Terlezat di Jakarta yang sayang untuk dilewatkan. Sukses dengan Tirta Lie Festival pertama yang mampu menyedot 50 ribu pengunjung...

Read more

Menikmati Sajian Natal Istimewa Di Aston…

05-12-2017 Hits:209 News admin1

Menikmati Sajian Natal Istimewa Di Aston Pluit Jakarta

JAKARTA – Hari Raya Natal menjadi perayaan istimewa bagi umat Kristiani di berbagai belahan dunia. Perayaan Natal biasanya dirayakan bersama keluarga dan orang terkasih dengan menikmati sajian makan malam bersama....

Read more

Biskuit belVita Luncurkan Varian Rasa Ba…

26-09-2017 Hits:1065 News admin1

Biskuit belVita Luncurkan Varian Rasa Baru Pisang dan Sereal

  JAKARTA - Biskuit merupakan camilan yang pas dan bisa dimakan sebagai makanan pengganjal perut kapan saja. Sukses dengan dua varian sebelumnya, Susu dan Sereal serta Madya dan Cokelat. Mondelez Indonesia...

Read more

BE CREATIVE

Menikmati udara segar, membuat tubuh lebih bugar, apalagi yang bisa diperoleh dari olahraga? Aktivitas fisik ini memang riskan sekali untuk ditinggalkan. Tubuh perlu bergerak untuk memaksimalkan fungsinya dan olahraga adalah cara mudah yang bisa dilakukan. Baik untuk anak kecil, orang dewasa sampai lansia pun masih memerlukan olahraga untuk menunjang kesehatan. Apa sih manfaat olahraga ini sendiri bagi tubuh? Dapatkan informasi lengkapnya sebagai berikut.

Menjauhkan dari beragam penyakit
Manfaat pertama dari olahraga adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Kathleen Zelman, MPH, RD, LD, direktur kesehatan WebMD, menjelaskan ketika olahraga tubuh akan lebih bebas bergerak. Ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya tubuh lebih sehat dan kuat serta tak mudah terserang penyakit.

Membuat tubuh lebih tegap
Gerakan yang dilakukan saat olahraga merangsang semua bagian tubuh agar lebih fleksibel. Otot tubuh juga menjadi lebih elastis dan tidak kaku. Bagi anak-anak olahraga amat penting untuk menunjang postur tubuhnya. Menurut Kathleen, anak yang rutin berolahraga sejak kecil akan memiliki postur tubuh yang tegap dan tidak membungkuk saat berjalan.

Merangsang pertumbuhan ideal
Saat tubuh digunakan untuk beraktivitas, kalori yang ada di dalamnya akan terbakar lebih sempurna. Kathleen menjelaskan kalori ini akan diproses menjadi energi secara keseluruhan tanpa ada yang tersisa dan berpotensi menimbulkan tumpukan lemak tubuh. Tubuh mendapatkan suplai nutrisi yang cukup untuk melancarkan proses pertumbuhan dan perkembangan secara ideal.

Meningkatkan daya pikir
Selain bermanfaat bagi fisik tubuh, Kathleen kembali menjelaskan jika olahraga teratur juga memiliki peran yang baik untuk meningkatkan daya pikir anak. Buah dari aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin membuat otak lebih tercukupi asupan gizinya. Otak berkembang secara berkala dan membuat si kecil lebih pintar saat proses belajar tiba.

Meningkatkan nafsu makan
Kebaikan ini mungkin yang amat dibutuhkan oleh si kecil. Gerakan yang dilakukan saat berolahraga merangsang organ pencernaan juga aktif bergerak. Organ pencernaan akan bekerja lebih optimal untuk menyesuaikan kebutuhan energi bagi tubuh. Makanan yang masuk ke dalam perut akan terproses secara keseluruhan dan membuat si kecil akhirnya mengalami lapar. Dia pun akan makan lebih lahap beragam hidangan sehat yang sudah Anda sajikan. Demikian penjelasan terakhir Kathleen Zelman yang juga ahli gizi ini.

Sudah mengertikan manfaat penting olahraga bagi kesehatan, yuk langsung ajak si kecil olahraga bersama-sama.

Peluang usaha dibidang kuliner terutama usaha jajanan khas Bandung yang biasa dikonsumsi baik orang tua maupun anak-anak bisa Anda lakukan jika berminat. Peluang usaha jenis ini sangat menjanjikan jika strategi pemasaran yang dilakukan benar dan bagus. Anda dapat menjalankan usaha ini tanpa harus memiliki tempat, warung dan ruko untuk menjajakannya. Dan hal terpenting yang harus Anda ketahui terlebih dahulu alur operasional usaha dan setelah itu Anda baru memula strategi yang berkaitan dengan penjualan, antara lain :
1.Strategi Tempat Penjualan
Sebelum menjual jajanan Anda perlu menentukan tempat yang tepat untuk usaha jajanan gerobak. Jika Anda memilih tempat usaha untuk jajanan gerobak yang mangkal, sebaiknya pilihlah tempat yang ramai, strategis dan belum terlalu banyak pesaing.
Jika Anda memilih dan menentukan usaha dirumah atau perumahan, Anda juga harus menghitung beberapa kepala keluarga yang tinggal ditempat usaha Anda dan perkirakan berapa persentase yang dapat terjaring untuk membeli jajanan Anda. Begitu juga bila Anda buka usaha ditempat yang ramai seperti dipinggiran jalan raya atau dekat dengan tempat keramaian seperti pasar dan perkantoran. Anda harus menghitung berapa banyak orang atau kendaraan yang lewat pada jam makan terutama yang dapat memungkinkan komsumen untuk makan jajanan Anda. Setelah itu perhitungkan persentase berapa banyak kemungkinan yang akan terjaring sehingga saat awal usaha Anda sudah dapat memperkirakan kemungkinan pembeli untuk membeli jajanan gerobak Anda.
Untuk usaha yang menggunaan teknik penjualan keliling, Anda perlu memperhatikan dan menentukan rute jalan yang kira-kira berpotensi banyak pembeli terutama rute jalan yang dekat dengan tempat keramaian.
2.Strategi Produk Yang Dijual
Sebelum menjual produk, Anda harus melakukan uji coba produk yang akan Anda jual. Apakah produk yang Anda jual enak dan disukai oleh pembeli atau konsumen Anda. Lakukan uji coba dan bagikan hasil uji coba produk Anda pada calon pembeli produk Anda dan tanyakan bagaimana pendapat mereka tentang produk yang sudah Anda buat. Pendapat mayoritas merupakan cerminan dari produk yang Anda buat.
Ketika Anda menanyakan pendapat dengan calon pelanggan, Anda jangan merasa tersinggung jika produk yang Anda buat dikataan kurang enak atau tidak disukai apalagi jika pendapat itu juga dikatakan oleh banyak orang. Anda harus mengoreksi dan memperbaiki produk Anda menjadi produk yang enak dan disukai.
Biasanya produk yang enak, disukai dan selalu konsisten akan menambah keunggulan dalam penjualan, karena dalam usaha jajanan gerobak yang laris yang dibeli adalah produk yang enak. Dan perlu diingat bahwa produk yang enak menurut pasar lebih baik dibanding dengan pendapat Anda. Anda tidak boleh egois dalam hal ini karena pasar yang menentukan penjualan produk Anda. Produk yang enak akan lebih disukai bila servis penjualannya juga baik dan kebersihan  terjaga.
3.Strategi Harga Jual
Harga jual merupakan hal penting dalam penjualan. Dan pada saat ini konsumen lebih cerdas, mereka mengetahui harga pasar produk termasuk jajanan. Bila jajanan yang Anda jual memasang harga yang tinggi, tentu beberapa calon pembeli akan berpikir dua kali untuk membeli produk yang Anda jual, karena produk Anda yang terlalu mahal.
Untuk beberapa kalangan, jajanan dengan tempat yang strategis dan rasa yang enak akan tetap datang untuk membeli walaupun harga yang ditawarkan cukup tinggi. Tetapi hal ini tidak terjadi untuk semua konsumen, karena tidak semua konsumen berpikiran hal yang sama, justru kebanyakan konsumen lebih suka harga yang terjangkau tentunya akan lebih menarik minat calon pembeli.
Jika Anda ingin mengetahui dengan harga jual yang Anda tentukan dapat bersaing atau tidak, maka Anda harus melakukan riset untuk mengetahui harga pasaran. Kemungkinan jika Anda dapat menjual dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran yang dapat menarik pembeli untuuk mencoba produk Anda.
4.Strategi Promosi Usaha
Promosi yang paling efektif untuk usaha jajanan gerobakan yaitu :
a.Promosi dari ulut ke mulut (word of mouth)
Promosi dari mulut kemulut memang murah dan efektif. Terutama jika promosi dari mulut ke mulut dilakukan oleh orang yang pernah mencoba makan jajanan yang Anda jual. Untuk itu masak produk makanan Anda seenak mungkin, perlengkapan dengan kebersihan yang terjaga juga harus dapat bersaing sehingga memberikan kepuasan bagi pelanggan. Pelanggan jajanan yang puas tidak segan untuk merekomendasikan pada kenalan, tetangga, saudara dan orang-orang sekitarnya. Bayangkan jika seorang pelanggan mempromosikan jajanan Anda pada 5 orang yang dikenalnya, mungkin yang akan tersangkut dan memesan jajanan Anda sekitar 2 hingga 3 orang, dan 2 hingga 3 orang tadi akan mempromosikan kembali pada orang-orang yang dikenal dan seterusnya. Dengan demikian usaha jajanan Anda akan semakin dikenal dan seterusnya. Dengan demikian usaha jajanan Anda akan semakin dikenal banyak orang dari waktu ke waktu. Dan untuk itu berikan pelayanan dan kepuasan pada pelanggan dan buatlah keunggulan dalam segala hal. Sehingga usaha Anda dapat menjadi pembicaraan banyak orang karena itulah kunci keberhasilan promosi dari mulut ke mulut (word of mouth).
b.Pembagian selebaran atau brosur
Pada awal membuka usaha jajanan gerobak yang baru mulai dibuka, belum banyak orang yang mengetahuinya. Cara terbaik adalah dengan membagikan selebaran yang berisi promosi produk dan tempat usaha jajanan Anda yang baru dibuka. Pembagian brosur dapat dilakukan disekitar lokasi tempat usaha seperti dirumah-rumah sekitar, perkantoran, gedung-gedung pertemuan, aula bahkan di masjid. Dapat pula dituliskan bersama penawaran menarik usaha jajanan Anda baik dari menu yang disediaan, harga, paket hemat atau bonus dan sebaginya. Buatlah selebaran yang menarik orang untuk datang ke tempat usaha jajanan Anda.
c.Penawaran paket hemat
Paket hemat banyak diminati banyak kalangan, hal ini terjadi karena keadaan ekonomi yang sedang sulit dan cenderung orang mencari jajanan dengan makanan yang enak dan murah agar dapat menghemat. Anda sebagai pemilik usaha jajanan sebaiknya jeli menangkap peluang ini. Anda dapat merancang menu khusus yang dibuat dengan paket dengan harga yang murah. Walaupun dengan membuat paket akan menurunkan laba, tetapi jika banyak yang pesan hal ini tentu akan memberikan Anda laba yang besar pula. Hal ini perlu dilakukan untuk promosi dan untuk mendatangan banyak orang dengan membuat paket sekaligus nama usaha jajanan Anda akan lebih dikenal orang, terutama jika paket yang Anda berikan benar-benar murah, enak dan dengan adanya penambahan bonus yang menarik.
d.Pemberian potongan harga atau diskon
Persaingan harga dalam usaha jajanan merupakan hal yang sering ditemui. Anda dapat saja memberikan harga yang murah tetapi Anda juga jangan lupa harus memperhitungkan untung dan ruginya. Untuk promosi awal akan lebih menarik dan mendatangkan pembeli jika Anda memberikan potongan harga. Jika Anda sudah menghitung modal pokok setiap porsi tentunya Anda sudah tahu berapa modal yang dikeluarkan dan Anda juga sudah memperhitungkan keuntungan ketika sudah dipotong harga dan Anda sudah mendapatkan untung meskipun keuntungan yang Anda peroleh tidak terlalu banyak tetapi hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah promosi.
e.Memberikan sampel makanan
Memberikan sampel atau contoh makanan dapat diberikan pada calon pembeli yang menjadi target konsumen Anda, dan setelah Anda memberikan sampel tanyakan pendapatnya, sehingga Anda dapat melakukan koreksi dan memperbaikinya.
Promosi dengan cara ini sekaligus membuat calon konsumen tahu rasa jajanan Anda dan jika ternyata produk jajanan Anda enak tentunya konsumen tersebut akan datang ke tempat usaha jajanan gerobak Anda.
Hambatan Dalam Menjalankan Usaha Jajanan
Setiap usaha yang akan dijalankan pasti tidak akan berjalan dengan mulus, begitu juga dengan usaha jajanan gerobak ala Bandung yang tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan pasti akan mengalami hambatan dan juga kendala. Berikut kendala dan hambatan yang sering dijumpai oleh usaha jajanan gerobak beserta cara mengatasinya :
1.Kurangnya Modal
Kurangnya modal sering menjadi kendala untuk membuka usaha jajanan gerobak, dan dengan kurangnya modal yang dimiliki akhirnya banyak orang yang membatalkan untuk membuka usaha jajanan gerobak.
Cara mengatasinya yaitu dengan memaksimalkan peralatan rumah tangga yang ada, sehingga dapat memulai usaha dengan alat yang ada terlebih dahulu, sehingga membutuhkan modal yang tidak besar.
2.Tidak Bisa Memasak
Jika Anda tidak memasak, tetapi Anda paham dengan rasa masakan yang enak, Anda tetap bisa untuk buka usaha di bidang jajanan gerobak, asal Anda tau cara membuatnya.
Cara mengatasinya yaitu dengan mengikuti kursus dan pelatihan memasak produk jajanan yang ingin Anda jual.
3.Persaingan Usaha Yang Ketat
Semakin banyak usaha jajanan gerobak yang berdiri, membuat persaingan bisnis jajanan ini semakin ketat. Konsumen lebih memilih usaha jajanan yang enak dan harga yang terjangkau.
Cara mengatasinya yaitu dengan meningkatan kualitas rasa, pelayanan, memberikan harga yang bersaing dan melakukan promosi yang tepat sehingga akan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.
4.Belum Mendapatan Keuntungan Usaha
Banyak pemilik usaha mengeluh karena belum mendapatkan keuntungan yang diinginkan bahkan banyak pemilik usaha yang memvonis usahanya rugi karena belum mendapatkan keuntungan yang besar.
Cara mengatasinya yaitu dengan mengadakan evaluasi usaha, koreksi kekurangan-kekurangan pada usaha seperti rasa yang kurang enak, harga yang terlalu mahal, lokasi yang kurang strategis dan sebagainya. Dan setelah menemukan kekurangan pada usaha yang Anda jalankan, maka perbaiki dan terus mencoba langkah perbaikan sehingga usaha dapat berkembang dengan maju.
5.Kenaikan Harga Bahan Baku
Masalah kenaikan harga bahan baku seringkali menjadi masalah dan hambatan bagi pengusaha jajanan gerobak karena jika ikut manaikan harga dihawatirkan harga yang ditawarkan terlalu mahal dan tidak terjangkau sehingga dapat mengurangi pelanggan.
Cara mengatasinya yaitu dengan membuat paket-paket hemat dan ekonomis dengan mengurangi sedikit porsi makanan dengan tidak mengurangi kualitas rasa dan selain itu Anda juga dapat menaikkan sedikit harga dari produk jajanan gerobak Anda.

 

Peluang usaha dibidang kuliner terutama usaha jajanan khas Bandung yang biasa dikonsumsi baik orang tua maupun anak-anak bisa Anda lakukan jika berminat. Peluang usaha jenis ini sangat menjanjikan jika strategi pemasaran yang dilakukan benar dan bagus. Anda dapat menjalankan usaha ini tanpa harus memiliki tempat, warung dan ruko untuk menjajakannya. Dan hal terpenting yang harus Anda ketahui terlebih dahulu alur operasional usaha dan setelah itu Anda baru memula strategi yang berkaitan dengan penjualan, antara lain :
1.Strategi Tempat Penjualan
Sebelum menjual jajanan Anda perlu menentukan tempat yang tepat untuk usaha jajanan gerobak. Jika Anda memilih tempat usaha untuk jajanan gerobak yang mangkal, sebaiknya pilihlah tempat yang ramai, strategis dan belum terlalu banyak pesaing.
Jika Anda memilih dan menentukan usaha dirumah atau perumahan, Anda juga harus menghitung beberapa kepala keluarga yang tinggal ditempat usaha Anda dan perkirakan berapa persentase yang dapat terjaring untuk membeli jajanan Anda. Begitu juga bila Anda buka usaha ditempat yang ramai seperti dipinggiran jalan raya atau dekat dengan tempat keramaian seperti pasar dan perkantoran. Anda harus menghitung berapa banyak orang atau kendaraan yang lewat pada jam makan terutama yang dapat memungkinkan komsumen untuk makan jajanan Anda. Setelah itu perhitungkan persentase berapa banyak kemungkinan yang akan terjaring sehingga saat awal usaha Anda sudah dapat memperkirakan kemungkinan pembeli untuk membeli jajanan gerobak Anda.
Untuk usaha yang menggunaan teknik penjualan keliling, Anda perlu memperhatikan dan menentukan rute jalan yang kira-kira berpotensi banyak pembeli terutama rute jalan yang dekat dengan tempat keramaian.
2.Strategi Produk Yang Dijual
Sebelum menjual produk, Anda harus melakukan uji coba produk yang akan Anda jual. Apakah produk yang Anda jual enak dan disukai oleh pembeli atau konsumen Anda. Lakukan uji coba dan bagikan hasil uji coba produk Anda pada calon pembeli produk Anda dan tanyakan bagaimana pendapat mereka tentang produk yang sudah Anda buat. Pendapat mayoritas merupakan cerminan dari produk yang Anda buat.
Ketika Anda menanyakan pendapat dengan calon pelanggan, Anda jangan merasa tersinggung jika produk yang Anda buat dikataan kurang enak atau tidak disukai apalagi jika pendapat itu juga dikatakan oleh banyak orang. Anda harus mengoreksi dan memperbaiki produk Anda menjadi produk yang enak dan disukai.
Biasanya produk yang enak, disukai dan selalu konsisten akan menambah keunggulan dalam penjualan, karena dalam usaha jajanan gerobak yang laris yang dibeli adalah produk yang enak. Dan perlu diingat bahwa produk yang enak menurut pasar lebih baik dibanding dengan pendapat Anda. Anda tidak boleh egois dalam hal ini karena pasar yang menentukan penjualan produk Anda. Produk yang enak akan lebih disukai bila servis penjualannya juga baik dan kebersihan  terjaga.
3.Strategi Harga Jual
Harga jual merupakan hal penting dalam penjualan. Dan pada saat ini konsumen lebih cerdas, mereka mengetahui harga pasar produk termasuk jajanan. Bila jajanan yang Anda jual memasang harga yang tinggi, tentu beberapa calon pembeli akan berpikir dua kali untuk membeli produk yang Anda jual, karena produk Anda yang terlalu mahal.
Untuk beberapa kalangan, jajanan dengan tempat yang strategis dan rasa yang enak akan tetap datang untuk membeli walaupun harga yang ditawarkan cukup tinggi. Tetapi hal ini tidak terjadi untuk semua konsumen, karena tidak semua konsumen berpikiran hal yang sama, justru kebanyakan konsumen lebih suka harga yang terjangkau tentunya akan lebih menarik minat calon pembeli.
Jika Anda ingin mengetahui dengan harga jual yang Anda tentukan dapat bersaing atau tidak, maka Anda harus melakukan riset untuk mengetahui harga pasaran. Kemungkinan jika Anda dapat menjual dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran yang dapat menarik pembeli untuuk mencoba produk Anda.
4.Strategi Promosi Usaha
Promosi yang paling efektif untuk usaha jajanan gerobakan yaitu :
a.Promosi dari ulut ke mulut (word of mouth)
Promosi dari mulut kemulut memang murah dan efektif. Terutama jika promosi dari mulut ke mulut dilakukan oleh orang yang pernah mencoba makan jajanan yang Anda jual. Untuk itu masak produk makanan Anda seenak mungkin, perlengkapan dengan kebersihan yang terjaga juga harus dapat bersaing sehingga memberikan kepuasan bagi pelanggan. Pelanggan jajanan yang puas tidak segan untuk merekomendasikan pada kenalan, tetangga, saudara dan orang-orang sekitarnya. Bayangkan jika seorang pelanggan mempromosikan jajanan Anda pada 5 orang yang dikenalnya, mungkin yang akan tersangkut dan memesan jajanan Anda sekitar 2 hingga 3 orang, dan 2 hingga 3 orang tadi akan mempromosikan kembali pada orang-orang yang dikenal dan seterusnya. Dengan demikian usaha jajanan Anda akan semakin dikenal dan seterusnya. Dengan demikian usaha jajanan Anda akan semakin dikenal banyak orang dari waktu ke waktu. Dan untuk itu berikan pelayanan dan kepuasan pada pelanggan dan buatlah keunggulan dalam segala hal. Sehingga usaha Anda dapat menjadi pembicaraan banyak orang karena itulah kunci keberhasilan promosi dari mulut ke mulut (word of mouth).
b.Pembagian selebaran atau brosur
Pada awal membuka usaha jajanan gerobak yang baru mulai dibuka, belum banyak orang yang mengetahuinya. Cara terbaik adalah dengan membagikan selebaran yang berisi promosi produk dan tempat usaha jajanan Anda yang baru dibuka. Pembagian brosur dapat dilakukan disekitar lokasi tempat usaha seperti dirumah-rumah sekitar, perkantoran, gedung-gedung pertemuan, aula bahkan di masjid. Dapat pula dituliskan bersama penawaran menarik usaha jajanan Anda baik dari menu yang disediaan, harga, paket hemat atau bonus dan sebaginya. Buatlah selebaran yang menarik orang untuk datang ke tempat usaha jajanan Anda.
c.Penawaran paket hemat
Paket hemat banyak diminati banyak kalangan, hal ini terjadi karena keadaan ekonomi yang sedang sulit dan cenderung orang mencari jajanan dengan makanan yang enak dan murah agar dapat menghemat. Anda sebagai pemilik usaha jajanan sebaiknya jeli menangkap peluang ini. Anda dapat merancang menu khusus yang dibuat dengan paket dengan harga yang murah. Walaupun dengan membuat paket akan menurunkan laba, tetapi jika banyak yang pesan hal ini tentu akan memberikan Anda laba yang besar pula. Hal ini perlu dilakukan untuk promosi dan untuk mendatangan banyak orang dengan membuat paket sekaligus nama usaha jajanan Anda akan lebih dikenal orang, terutama jika paket yang Anda berikan benar-benar murah, enak dan dengan adanya penambahan bonus yang menarik.
d.Pemberian potongan harga atau diskon
Persaingan harga dalam usaha jajanan merupakan hal yang sering ditemui. Anda dapat saja memberikan harga yang murah tetapi Anda juga jangan lupa harus memperhitungkan untung dan ruginya. Untuk promosi awal akan lebih menarik dan mendatangkan pembeli jika Anda memberikan potongan harga. Jika Anda sudah menghitung modal pokok setiap porsi tentunya Anda sudah tahu berapa modal yang dikeluarkan dan Anda juga sudah memperhitungkan keuntungan ketika sudah dipotong harga dan Anda sudah mendapatkan untung meskipun keuntungan yang Anda peroleh tidak terlalu banyak tetapi hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah promosi.
e.Memberikan sampel makanan
Memberikan sampel atau contoh makanan dapat diberikan pada calon pembeli yang menjadi target konsumen Anda, dan setelah Anda memberikan sampel tanyakan pendapatnya, sehingga Anda dapat melakukan koreksi dan memperbaikinya.
Promosi dengan cara ini sekaligus membuat calon konsumen tahu rasa jajanan Anda dan jika ternyata produk jajanan Anda enak tentunya konsumen tersebut akan datang ke tempat usaha jajanan gerobak Anda.
Hambatan Dalam Menjalankan Usaha Jajanan
Setiap usaha yang akan dijalankan pasti tidak akan berjalan dengan mulus, begitu juga dengan usaha jajanan gerobak ala Bandung yang tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan pasti akan mengalami hambatan dan juga kendala. Berikut kendala dan hambatan yang sering dijumpai oleh usaha jajanan gerobak beserta cara mengatasinya :
1.Kurangnya Modal
Kurangnya modal sering menjadi kendala untuk membuka usaha jajanan gerobak, dan dengan kurangnya modal yang dimiliki akhirnya banyak orang yang membatalkan untuk membuka usaha jajanan gerobak.
Cara mengatasinya yaitu dengan memaksimalkan peralatan rumah tangga yang ada, sehingga dapat memulai usaha dengan alat yang ada terlebih dahulu, sehingga membutuhkan modal yang tidak besar.
2.Tidak Bisa Memasak
Jika Anda tidak memasak, tetapi Anda paham dengan rasa masakan yang enak, Anda tetap bisa untuk buka usaha di bidang jajanan gerobak, asal Anda tau cara membuatnya.
Cara mengatasinya yaitu dengan mengikuti kursus dan pelatihan memasak produk jajanan yang ingin Anda jual.
3.Persaingan Usaha Yang Ketat
Semakin banyak usaha jajanan gerobak yang berdiri, membuat persaingan bisnis jajanan ini semakin ketat. Konsumen lebih memilih usaha jajanan yang enak dan harga yang terjangkau.
Cara mengatasinya yaitu dengan meningkatan kualitas rasa, pelayanan, memberikan harga yang bersaing dan melakukan promosi yang tepat sehingga akan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.
4.Belum Mendapatan Keuntungan Usaha
Banyak pemilik usaha mengeluh karena belum mendapatkan keuntungan yang diinginkan bahkan banyak pemilik usaha yang memvonis usahanya rugi karena belum mendapatkan keuntungan yang besar.
Cara mengatasinya yaitu dengan mengadakan evaluasi usaha, koreksi kekurangan-kekurangan pada usaha seperti rasa yang kurang enak, harga yang terlalu mahal, lokasi yang kurang strategis dan sebagainya. Dan setelah menemukan kekurangan pada usaha yang Anda jalankan, maka perbaiki dan terus mencoba langkah perbaikan sehingga usaha dapat berkembang dengan maju.
5.Kenaikan Harga Bahan Baku
Masalah kenaikan harga bahan baku seringkali menjadi masalah dan hambatan bagi pengusaha jajanan gerobak karena jika ikut manaikan harga dihawatirkan harga yang ditawarkan terlalu mahal dan tidak terjangkau sehingga dapat mengurangi pelanggan.
Cara mengatasinya yaitu dengan membuat paket-paket hemat dan ekonomis dengan mengurangi sedikit porsi makanan dengan tidak mengurangi kualitas rasa dan selain itu Anda juga dapat menaikkan sedikit harga dari produk jajanan gerobak Anda.

 

Iringan musik ulang tahun yang berbaur dengan gelak tawa terasa menyemarkan acara pesta ulang tahun. Ulang tahun seperti ini selalu ditunggu si kecil. Jadi tak heran banyak para orang tua yang sibuk berperan dalam menyiapkan pesta ultah bagi putra-putrinya untuk menambah kebahagian.
Memang banyak sekali yang harus dipersiapkan, mulai dari membuat kue tart, pernak-pernik souvenir hingga kue-kue pengisi kotak (goodie bag) sebagai ucapan terima kasih.
Kali ini LeZAT mengajak Anda untuk menyiapkan soubvenir serta kue-kue mini  pengisi kotak ultah yang tak sekadar mengemas makanan atau kue begitu saja. Supaya beda, yuk dirangkai sendiri. Memang membuat souvenir maupun kue sendiri tak perlu mahal, yang penting bermanfaat dan anak – anak menyukainya.
Dulu souvenir pesta lebih banyak didominasi aneka makanan kesukaan anak – anak seperti permen, cokelat, makanan ringan (snack), minuman dalam kemasan dan lain – lain.
Walaupun banyak toko yang menyediakan paket kue dan souvenir  yang siap saji dengan aneka bentuk dan penampilan yang menggiurkan, tak ada salahnya Anda membuat souvenir dan  kue-kue pengisi kotak yang sedikit berbeda. Agar lebih menghemat, gunakan ide kreatif Anda dan tak harus mahal serta kualitas makanan pun juga terjaga.
Karena itu kita mesti lebih cermat memilih isi kantung souvenir. Aneka jajanan anak bisa diganti barang – barang lecil yang lebih berguna misalnya peralatan sekolah, barang kesukaan sikecil, peralatan makan atau bingkai foto. Sebaiknya harga kue atau souvenir yang murah meriah tak menjadi soal, yang penting bisa bermanfaat buat tamu sikecil
Pekerjaan menyiapkan souvenir dan kue  ini tentu tidak akan merepotkan jika dikumpulkan jauh – jauh hari terutama untuk bahan – bahan pembuatannya. Sedangkan untuk kue – kuenya agar tampak beda, boleh dong kita bikin yang berbeda. Anda bisa masuk ke dapur dan ciptakan aneka kukis, cake ataupun kudapan tradisional yang mini-mini buatan sendiri. Tentunya dengan ornamen-ornamen yang berbeda. Dengan begitu kue-kue pengisi kotak ultah yang hendak Anda kemas akan tampak berbeda dari yang lainnya. Dan orang yang menerimanya pun pasti akan merasa senang.
Jika ingin kotak souvenir dan kue ultah terlihat ramai, jajanan yang dikemas boleh-boleh saja beragam. Yang terpenting usahakan makanan tersebut buatan sendiri agar kualitasnya terjaga.
Bingung memikirkan menyiapkan isi souvenir dan kue-kue pengisi kotak Ultah, coba perhatikan langkah singkat berikut ini:
-Tetapkan dulu ide atau tema souvenir maupun kue-kue yang akan dikemas. Ini penting, agar Anda tak bingung lagi saat belanja. Carilah isian kotak kue yang sesuai antara harga dan kualitasnya.
-Isian kotak kue bisa berisi aneka kue kering atau makanan ringan (camilan). Bisa juga aneka kue kecil-kecil seperti cupcake, tart mini, puding dalam gelas, ataupun jajanan tradisional bisa menjadi pilihan.
-Untuk menyiapkannya, paling tidak seminggu sebelum hari ‘H’, Anda sudah mencicil belanja untuk pernak-perniknya seperti kantung pembungkus, wadah kue, kotak kemasan hingga pita-pita atau yang lainnya.
-Membuat kue sendiri sebagai pengisi kotak ultah ini perlu dipersiapkan secara matang. Pilih sebagian kue yang bisa disimpan seperti cokelat, permen ataupun kukis. Simpan makanan ini dalam wadah yang rapat agar penampilannya tetap cantik sampai saat akan dimasukkan dalam kotak.
-Sekarang ini kemasan bukan hanya sekadar membungkus makanan begitu saja. Sebaiknya mulai dipikirkan kemasan dari kotak kue tersebut, supaya tampak cantik dan menarik. Contohnya, aneka kue kering akan tampak serasi bila dikemas dalam kotak transparan yang cantik.
-Dan harus diingat, cara pengemasan bisa ikut bicara. Jika isian hantaran seperti souvenir, makanan atau kue-kuenya sudah cantik, tetapi pengemasan kurang menarik, maka hantaran yang dipadu tersebut akan terlihat kurang menarik.
-Nah, jika isian hantaran telah disiapkan, Anda bisa memilih kemasan yang menarik, seperti untuk kue kering atau makanan ringan bisa diletakkan dalam wadah tabung plastik transparan ataupun kotak kardus. Jangan lupa sertakan ornamen seperti pita-pita.
-Contoh kecil untuk kemasan yang isinya kue-kue yang siap saji, Anda bisa menyimpan dalam kemasan yang Anda rancang sendiri sehingga tampilan kotak kue terlihat berbeda dengan yang ada dipasaran.
-Buatlah tampilan kemasan semenarik mungkin, tambahkan hiasan yang mengundang selera, jika perlu usahakan berbeda dengan kemasan sejenis yang sudah ada.
-Jika Anda mengundang misalnya 50 Anak maka sebaiknya buat antisipasi lebih dari jumlah tersebut. Siapa tahu ada undangan yang mengajak saudaranya, atau bahkan saat acara berakhir Anda mengingat akan kerabat yang tak bisa datang dan bahkan lupa diundang
-Ciptakan kreativitas Anda dalam merangkai kue-kue dalam kotak. Jika perlu banyak buka buku panduan tentang merangkai hantaran atau browsing diinternet untuk menambah pengetahuan perkembangan tren saat ini.
-Jangan lupa jadikan kue-kue yang Anda buat terkesan unik dan berbeda dari yang lainnya.
Nah, dari ulasan singkat ini, mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi dalam berkreasi menyiapkan souvenir dan kue pengisi kotak ultah tiba

Kamus Dapur
-Butter cream


Bahan yang dibuat dari campuran mentega dan gula ini sering digunakan untuk dekorasi ataupun olesan cake. Walaupun kini sudah ada buttercream yang siap pakai dan banyak dijual di toko – toko, Anda juga bisa membuat sendiri lho.
-Daun Pandan Wangi


Bentuk daunnya yang panjang hingga mencapai 60 cm dan kadang ada yang bergerigi ini memiliki aroma harum yang khas.  Daun ini memiliki peranan penting dalam berbagai olahan, baik untuk masakan, kudapan ataupun minuman. Untuk menemukan daun pandan ini tidaklah terlalu susah, karena banyak ditanam sebagai tanaman pagar.
-Plastik Icing


Bahan pelapis cake ini populer juga dengan nama lain fondant atau sugarpaste yang biasa digunakan untuk menghias kue tart dengan kesan lebih rapi dan berkesan lebih modern.
Plastik icing dapat dibuat sendiri dengan bahan dasar cairan glukosa yang dipanaskan dengan gelatine.
-Trimit


Trimit adalah butiran – butiran halus menyerupai permen kecil – kecil yang berwarna warni, biasanya digunakan untuk menghias kue tart atau kukis.

primi sui motori con e-max.it

Biznews

JAKARTA – Singapore Food Manufacturers Association (SFMA) dan International Enterprise (IE) Singapore secara resmi meluncurkan Tasty Singapore 2017 – 2018. Bertempat di Farmers Market Kelapa Gading Mall, event yang berlangsung untuk ketiga kalinya ini untuk pertama kali berkolaborasi dengan SMFA. Tasty Singapore mempromosikan 12 UKM Singapura yang masuk dalam rantai supermarket di Indonesia yaitu FoodHall, AEON, Diamond serta Farmers Market yang baru ikut bergabung di tahun ini.

Bertajuk Serving Tasty and Healthy Meals To The Beloved Family, Tasty Singapore kali ini berhasil menampilkan 100 produk makanan dari 12 brand Singapura yang akan dijual dan dipromosikan pada gelaran Tasty Singapore di supermarket yang sudah disebutkan di atas mulai dari 23 Desember 2017 – 2 Desember 2018. Beberapa produk yang dipromosikan dalam Tasty Singapore antara lain Kopi instan Gold Kili, Ha Li Fa BoBo Fishball, ChyeChoon Peacock dengan produk mie dan rice vermicelli serta ragam bumbu siap pakai yang mudah diaplikasikan untuk berbagai sajian.

Dalam sambutannya Thomas Pek, Presiden SFMA mengungkapkan, “Industri pembuatan makanan asal Singapura terus mencari peluang di pasar regional yang berkembang seperti Indonesia. Dengan memanfaatkan merek Tasty Singapore serta menerapkan pola pikir kolaboratif untuk bergabung bersama dalam satu grup, identitas merek kolektif seperti dapat mengkomunikasika keunikan dari rasa serta kepribadian produk makanan yang kami kami dengan lebih baik, sekaligus juga dapat mengenalkan standar internasional keamanan pangan dan metode produksi yang inovatif kepada khalayak sasaran kami di Indonesia.”

 

Berdasarkan Deloitte Consumer Insights yang menampilkan gambaran konsumsi pasar di Indonesia terhadap produk makanan yang baru dan berbeda terus mengalami peningkatan. Digambarkan pengeluaran masyarakat Indonesia untuk produk makanan dan minuman kemasan pun meningkat dari tahun 2013 hingga 2015. Hal ini terjadi secara merata pada konsumen di semua tingkat pendapatan. Bergabungnya produk dalam satu merek Tasty Singapore memungkinkan perusahaan Singapura untuk memperkuat kehadiran mereka dengan menampilkan produk berkualitas dan inovatif yang mencakup seluruh kategori makanan. Sepanjang tahun, Tasy Singapore akan menyelenggarakan 10 even in-store yang akan menampilkan berbagai kegiatan menarik seperti demo masak, kelas memasak serat mencicipi makanan yang diolah dari produk-produk Tasty Singapore bersama Chef Eddrian Tjia. P&B/Novi Amaliyah foto-foto.Novi Amaliyah

Chef Delight

    Gelombang tren dalam kreasi pastry tak ubahnya seperti tren fashion. Namun I Nyoman Sudiana tetap memilih jalur ‘aman’ demi mendongkrak citra Hotel Akmani sebagai hotel baru di Jakarta. Walaupun bermain aman, Nyoman tetap berusaha menampilkan classic pastry dengan sentuhan menarik.

Selengkapnya...

Pack & Display

Dalam pandangan Diana Sutandya, pemilik L’atelier du Chocolate yang berlokasi di Jakarta, packaging (pengemasan) merupakan salah satu hal penting dalam bisnisnya. “Banyak pelanggan tertarik pada produk-produk cokelat kami, bukan semata karena kualitas citarasanya, namun juga packaging-nya yang unik dan menarik.”

Selengkapnya...

Baker Spirit

    Chef yang satu ini terbilang unik sekaligus tangguh. Meski tuna netra, tak membuat semangatnya hilang. Justru dari keterbatasannya ia banyak memberi inspirasi bagi para chef lainnya.

Selengkapnya...

   

About Us

Selamat menikmati sebuah Majalah yang kami rancang untuk memenuhi kebutuhan informasi Anda, komunitas peminat dan pelaku usaha pastry & bakery di Indonesia. e-mail : redaksi@pastrynbakery.net
Facebook : http://www.facebook.com/lezatn.pastrybakery
Twitter : @tabloidlezat

Newsletter

Lokasi Kami